Menu
SAJIAN ISI

Pertamina Tender Biodiesel Produsen Kurang Merespon

Pertamina Tender Biodiesel Produsen Kurang Merespon

Pertamina baru-baru ini menggelar tender biodiesel sebagai kelanjutan program mandatori pada 2015. Hanya memang, produsen biodiesel nasional kurang merespon karena harga tender tidak lagi ekonomis. PT Pertamina kembali menggelar tender pengadaan biodiesel untuk kesekian kalinya. Menurut Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, volume tender di tahap pertama ini sebesar 1,2 juta Kl yang akan diumumkan pemenangnya pada Februari mendatang.

Proses pengumuman tender dan pemasukan penawaran sudah berjalan pada Desember kemarin. “Untuk peserta tender belum saya lihat datanya tapi biasanya produsen seperti Wilmar dan Musim Mas ikut,” kata dia.

Dikatakan Ahmad, Pertamina masih menggunakan skema harga tender yang ditetapkan Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, yakni 103,48% MOPS solar.

Namun, di tengah merosotnya harga minyak bumi termasuk solar menyebabkan produsen biodiesel di Indonesia merana. Paulus Tjakrawan, Ketua Harian Aprobi mengatakan, beberapa perusahaan biodiesel berhenti operasi sementara waktu akibat harga indeks atau harga pokok produksi biodiesel kurang ekonomis.

“Kami rugi 5 sampai 6 miliar ketika harga biodiesel dibeli. Pemerintah harus berikan harga indeks yang cukup untuk keekonomian industri ini,” katanya.

Untuk menyelesaikan masalah harga ini, Ahmad hanya mengatakan bahwa urusan insentif untuk biodiesel sebenarnya disediakan supaya harganya dibayar lebih tinggi dari harga solar di pasar dunia.

Dalam tender pengadaan biodisel tahap III yang diselenggarakan Pertamina, beberapa waktu lalu, memang grup Wilmar dan PT Darmex Biofuels yang dinyatakan sebagai pemenangnya.
Tender pengadaan biodiesel tahap ketiga yang dilakukan Pertamina sudah ketok palu. Berdasarkan informasi Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) pemenang tender biodiesel tahap ke tiga ini adalah Grup Wilmar dan PT Darmex Biofuels.

Sekretaris Jenderal Aprobi Togar Sitanggang mengatakan, tender tahap ketiga yang dilaksanakan tersebut untuk jangka waktu 15 bulan ke depan hingga akhir tahun 2015. Namun, Togar enggan memerikan detail volume tender tahap ketiga tersebut.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Edisi Februari 2015. Dapatkan di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id