Menu
SAJIAN ISI

Banyak Faktor Sebabkan Sertifikasi ISPO Rendah

Banyak Faktor Sebabkan Sertifikasi ISPO Rendah Banyak Faktor Sebabkan Sertifikasi ISPO Rendah

Mantan Dirjen Perkebunan Achmad Mangga Barani berpendapat, banyak hal yang menyebabkan rendahnya pencapaian atau realisasi ISPO. Di antaranya, sosialisasi masih belum menjangkau perkebunan secara luas, kesadaran pemilik perusahaan perkebunan akan perlunya ISPO dan beberapa lainnya.

Supriyadi, Direktur Operasional Lembaga Sertifikasi PT Mutu Indonesia Strategis Berkelanjutan (LS-MISB) menjelaskan, ISPO merupakan standar nasional minyak sawit pertama bagi suatu negara, dan negara lain kini mencoba mempertimbangkan untuk mengimplementasikan standar serupa di antara produsen minyak sawit. "ISPO tidak hanya mengenai sertifikasi, namun juga dialog berkelanjutan antara pemerintah Indonesia, perusahaan perkebunan kelapa sawit, dan pihak lainnya yang terkait," katanya, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Supriyadi, LS-MISB sendiri merupakan lembaga sertifikasi sistem manajemen mutu dan lingkungan yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional - Badan Standardisasi Nasional (KAN) untuk memberikan sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2004.

Dengan masuknya KAN dalam keanggotaan Pacific Accreditation Cooperation (PAC) dan International Accreditation Forum (IAF) maka sertifikat sistem manajemen mutu dan sistem manajemen lingkungan yang diterbitkan oleh LS-MISB diakui oleh negara-negara anggota PAC atau pun IAF.

Sebagai lembaga independen, LS-MISB melakukan sertifikasi pihak ketiga (Third Party Certification) yang berdiri sejak tanggal 9 Januari 2012 dengan Akte Notaris Teddy Yunadi, SH Nomor 24 Tanggal 20 Desember 2011. Menurut Supriyadi, LS-MISB didirikan Ir. Achmad Mangga Barani, M.M. (Ketua Forum Pengembangan Perkebunan Strategis Berkelanjutan (FP2SB) dan telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan ruang lingkup LSSM-041-IDN dan LSSML-014-IDN berdasarkan Surat Keputusan KAN Nomor : 4542/2a1/SM/0/2013. LS-MISB juga telah mendapatkan pengakuan Komisi ISPO berdasarkan SK Dirjenbun/Ketua Komisi ISPO Nomor : 35/Kpts/LB.300/1/2014  

Untuk itu, LS-MISB memiliki komitmen terhadap ketidakberpihakan, mengelola konflik kepentingan, menjaga kerahasiaan dan menjamin objektivitas dalam kegiatan sertifikasi sistem manajemen yang dilaksanakan.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id