Menu
SAJIAN ISI

Riyanto B Yosokumoro, Sekjen Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia

Riyanto B Yosokumoro, Sekjen Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia

Tak Ada Masalah, AGRI Harus Bangun PG Berbasis Tebu

Melihat harga gula petani yang tidak pasti, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan berinisiatif untuk memberikan dana talangan kepada pabrik gula (PG) untuk membeli gula petani dengan harga sesuai penetapan pemerintah, yakni Rp8.500 per kg.

Untuk itu,pemerintah mengandeng, AGRI, AGI, dan APGI masing-masing diminta untuk menalangi 250.000 ton, sehingga total dana talangan mencapai 750.000 ton. Namun ternyata sampai saat ini hanya AGRI yang melakukannya. 

Riyanto B Yosokumoro, Sekjen AGRI menjelaskan, untuk 2014 saja, AGRI telah memberikan dana talangan pembelian 252.000 ton gula petani senilai Rp2.169 triliun. Padahal, kondisi pasar gula dalam negeri tidak kondusif karena harga gula internasional memang sedang tertekan.

Dana talangan ini hanyalah sebagian kecil dari komitmen AGRI dalam mendukung petani tebu di tanah air. Sehingga ketika ada tawaran pemerintah untuk membantu meningkatkan harga gula petani, AGRI segera membantu dengan dana talangan tersebut.

“Meskipun situasi tersebut menyebabkan kami menanggung kerugian dari penurunan harga dan beban bunga pinjaman bank. Meski demikian, yang pasti kami tak cidera janji,” katanya.

Pabrik pengolahan gulaRiyanto kembali menegaskan, keberadaan gula rafinasi di Indonesia sangat dibutuhkan dan  hanya diperuntukkan untuk industri makanan dan minuman, tidak untuk dijual ke pasar. “Kita tidak menjual gula rafinasi ke pasar tapi hanya ke perusahaan makanan dan minuman,” katanya lagi.
 
Karena itu ia tidak rela, jika industri gula rafinasi dituduh sebagai penyebab rusaknya harga gula petani di dalam negeri. Sebab, industri gula rafinasi hanya mengimpor raw sugar (gula mentah) sesuai dengan kuota impor sekaligus sesuai dengan kontrak yang mereka dapatkan dari industri makanan dan minuman. "Jadi, jelas tak ada 'permainan'," tukas dia.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Archipelago edisi Januari 2015. Dapat diperoleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id