Menu
SAJIAN ISI

Dana Rp 65 miliar untuk “Replanting” Teh dan Kopi

Dana Rp 65 miliar untuk “Replanting” Teh dan Kopi

Kementerian Pertanian akan melakukan replanting atau penanaman kembali tanaman kopi dan teh. Ditjen Perkebunan mengalokasikan dana sebesar Rp 65 miliar untuk replanting perkebunan kopi dan teh. Rinciannya, Rp 47 miliar untuk replanting tanaman teh. Sisanya, Rp 18 miliar untuk replanting kopi. Rencananya, replanting akan dimulai pada awal tahun ini sembari menunggu anggaran turun.

Fokus replanting the, ungkap Dirjen Perkebunan Gamal Nasir, akan dilakukan di Jawa Barat. Selain itu juga akan dilakukan perluasan luas area tanam teh sekitar 3.215 hektar (ha). Sementara untuk kopi perluasa area tanaman terpusat pada produk kopi robusta seluas 100 ha.

"Kebun kopi dan teh kondisinya sudah tua. Karena itu, harus segera dilakukan replanting, sebab kebutuhan pasar ekspor dewasa ini semakin tinggi," kata Gamal belum lama ini.

Tidak hanya pada replanting, pemerintah juga akan mengarahkan petani untuk mulai turut pasar hilir. Misalnya, mengarah pada produk specialty juga produk organik.

Direktur Tanaman Rempah dan Penyegar Ditjen Perkebunan, Azwar Abu Bakar menambahkan, berkembangnya industri minuman di Indonesia menuntut ketersediaan bahan baku dalam jumlah memadai. Menurutnya, kedua komoditas ini masih menarik bagi petani untuk ditanam, mengintat harga jualnya di tingkat petani juga terbilang tinggi.

Ke depan, pemerintah akan mendorong petani tidak hanya memproduksi tapi juga mengelola komoditas itu menjadi produk jadi. Lewat produk olahan sehingga tidak bergantung pada pangsa pasar ekspor semata. Tapi juga menggarap pasar lokal.

Pangsa pasar kopi asal Indonesia cukup luas, antara lain di Amerika Serikat (AS) dengan pangsa pasar sebesar 16,27%, Jerman sebesar 12,7%, Perancis 8,48%, Italia 5,8% serta Jepang 5,59%. *** AP

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id