Menu
SAJIAN ISI

Dana CPO Fund Juga untuk Dukung Program BBN

Dana CPO Fund Juga untuk Dukung Program BBN

Pemerintah memastikan bahwa dana pungutan baru CPO yang dikenal dengan sebutan CPO Supporting Fund (CSF) juga akan dimanfaatkan untuk mendukung pencampuran biofuel atau BBN jenis biodiesel sebanyak 15% ke dalam setiap satu liter BBM solar yang dijual ke masyarakat.

Kementerian ESDM menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 12/2015 mengenai implementasi mandatori biodiesel 15% yang dijadwalkan mulai efektif berlaku sejak 1 April 2015 kemarin.  Yang disayangkan, komponen biaya produksi yang berkaitan dengan harga indeks pasar (HIP) biodiesel diturunkan dari ketentuan sebelumnya.

Padahal, sebelumnya Kementerian ESDM menetapkan HIP bagi B-10 dari Harga Patokan Ekspor (HPE) CPO ditambah US$ 188 per ton sebagai biaya konversi produksi CPO menjadi biodiesel. Sementara HIP baru untuk B-15 yang ditetapkan oleh Kementerian ESDM adalah HPE  CPO plus US$125 per ton.

“Revisi HIP ini dijalankan karena harga biodiesel lebih mahal dari harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Sehingga kita harus menghapus selisih tersebut,” ungkap Rida Mulyana, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Rida menambahkan penetapan HIP yang baru ini didasarkan dari kemampuan produsen biodiesel untuk menambal selisih harga BBN lebih tinggi dari harga BBM.

Biaya tersebut adalah dana pendukung sawit (CPO Supporting Fund) sebesar US$ 50 pe rton untuk  produk ekspor CPO, dan US$30 per ton dari ekspor produk turunan CPO. CPO supporting fund ini, ujar Rida, sebenarnya merupakan dana yang seharusnya jadi bea keluar ekspor CPO namun dialihkan untuk menalangi selisih harga BBN dengan BBM.

Baca selengkapnya di Majalah Hortus Edisi Mei 2015. Dapat di peroleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id