Menu
SAJIAN ISI

Pungutan Bagi Komoditas Non Sawit Tengah Dijajaki

Pungutan Bagi Komoditas Non Sawit Tengah Dijajaki

Menjelang target penandatanganan sejumlah regulasi terkait pungutan pada crude palm oil (CPO) yang ditargetkan selesai dalam waktu dekat, pemerintah menyatakan program ini dapat dijadikan model untuk diterapkan pada komoditas perkebunan lainnya. Dalam pandangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, untuk tahap awal, program supporting fund  seperti ini akan terlebih dahulu diimplementasikan pada komoditas kelapa sawit, karena pergerakan harganya yang lebih stabil.

“Untuk sekarang ini kita coba dulu dengan sawit. Kalau ini berhasil, maka nanti akan dijadikan model untuk mendukung komoditas-komoditas unggulan Indonesia lainnya,” kata Sofyan di Jakarta, belum lama ini.

Sofyan menyebut contoh komoditas lain yang mungkin dapat diterapkan aturan serupa adalah karet. Alasannya, saat ini tingkat pergerakan harga komoditas tersebut tergolong cukup fluktuatif, sehingga amat membutuhkan dukungan dari kebijakan pemerintah.

Dia menegaskan bahwa saat ini pungutan pada eksportir CPO tidak akan membebani para pelaku usaha. Namun jika pemerintah menetapkan pungutan pada karet, hal tersebut berpotensi menaikkan harga internasionalnya sehingga menjadi kurang kompetitif di pasar dunia.

Baca selengkapnya di Majalah Hortus Edisi Mei 2015. Dapat di peroleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id