Menu
SAJIAN ISI

LPP Yogyakarta: Meningkatkan Daya Saing dengan “Precision Farming”

LPP Yogyakarta: Meningkatkan Daya Saing dengan “Precision Farming”

Dalam mengantisipasi perdagangan bebas, perusahaan perkebunan dituntut untuk memiliki daya saing yang tinggi. Tanpa memiliki keunggulan daya saing sulit untuk berkompetisi. Salah satu teknologi untuk meningkatkan daya saing adalah precision farming. Precision farming (PF) merupakan teknologi yang mampu menyediakan informasi yang akurat, cepat dan memadai sehingga memudahkan seorang pemimpin dalam mengidentifikasi dan menganalisa untuk mengambil keputusan.

Meski demikian, dalam teknologi PF, pengendaliannya tetap dilakukan manusia yang dimulai dari level operator yang memiliki skill atau kemampuan analisa dan efektivitas dalam hal supervisi. Kemudian di level manajemen mampu memberikan arahan strategi, komitmen dan involvement-nya dalam menyediakan sumberdaya dan kebijakan.

Direktur Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta, Gunawan Ciptadi menjelaskan, PF merupakan budidaya perkebunan yang dilakukan dengan presisi, baik dalam inputan maupun perlakuan dan kimikalnya. “Kenapa harus presisi, sebab pemberian atau inputan yang berlebih akan menimbulkan pemborosan dan bahkan mengganggu lingkungan. Sementara kalau inputan yang diberikan kurang maka kinerjanya tidak akan optimal. Apalagi, dalam budidaya selalu ada keragaman, baik tanah maupun tananamnya yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda,” kata Ciptadi kepada Majalah HORTUS di Jakarta, baru-baru ini.

Baca selengkapnya di Majalah Hortus Edisi Mei 2015. Dapat di peroleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id