Menu
SAJIAN ISI

Puspa Bangun Pabrik Kakao di Bilitar, Jatim

Puspa Bangun Pabrik Kakao di Bilitar, Jatim

Investor lokal PT Puspa Agro berencana menanamkan investasinya senilai Rp5 miliar di Blitar, Jawa Timur, untuk membangun pabrik cokelat, mengingat besarnya potensi komoditas tersebut di wilayah Jatim. "Kami tidak hanya membangun pabrik cokelat tetapi termasuk trading house-nya," ungkap Direktur PT Puspa Agro, Abdullah Muchibuddin, baru-baru ini.

Abdullah memprediksikan bahwa pembangunan pabrik cokelat itu selesai pada semester I/2015. Dengan demikian, infrastruktur tersebut bisa langsung beroperasi. "Saat ini kami juga sedang melengkapi beberapa peralatan pendukung." .

Keputusan Puspa Agro memilih Blitar, karena sampai sekarang daerah tersebut menjadi salah satu penentu harga kakao dunia. Bahkan, cokelat yang terkenal di Singapura dan Malaysia itu berasal dari Blitar. "Dengan adanya potensi itu, Blitar diharapkan memberikan kontribusi yang lebih terhadap kinerja perdagangan dan pengembangan perekonomian Jatim," kata dia.

Apalagi, lanjut Abdullah, kualitas cokelat Blitar menempati posisi tertinggi dibandingkan wilayah lain. Hanya memang, komoditas tersebut belum banyak dikenal masyarakat di Indonesia.
Salah satu penyebabnya karena masih lemah pada aspek pemasaran dan pengemasan.

Melalui kerja sama yang dilakukan antara Puspa Agro dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) kakao/cokelat di Blitar diharapkan bisa memberikan nilai jual lebih tinggi. Bahkan, dapat meningkatkan kesejahteraan petani cokelat di sana.

"Oleh sebab itu, sejak November 2014 kami telah menjalin kerja sama Gapoktan cokelat yang tergabung dalam Koperasi Guyub Santoso, Kabupaten Blitar. Kerja sama ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU pada awal Januari 2015," katanya.

Dari kerja sama itu, Puspa Agro akan membeli cokelat secara tunai milik kelompok tani kakao tersebut. Dengan target transaksi bisa mencapai Rp3,8 miliar per bulan selama tahun 2015.
Setelah kakao diproses menjadi cokelat, pemasarannya akan diarahkan ke pasar ekspor. “Tapi, soal kapasitas produksi pabrik yang akan dibangun, kami belum bisa sebutkan pada saat ini," ucapnya. *** AP

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id