Menu
SAJIAN ISI

Petani Tebu Menyoal Pabrik Gula Rafinasi

Petani Tebu Menyoal Pabrik Gula Rafinasi

Pada pekan pertama April kemarin, ratusan petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mengeluhkan mengenai semakin menjamurnya pabrik gula rafinasi di Indonesia di hadapan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno.

Keluhan itu disampaikan petani tebu saat berdialog dengan Rini di Padepokan Arum Sabil, Ketua APTRI, di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur.  “Bu Rini, maaf tanpa disadari juga, pemerintahan yang lalu telah menciptakan mesin pembunuh bagi petani tebu di Indonesia, yakni pabrik gula rafinasi,” ujar Ketua APTRI Arum Sabil.

Saat ini, ungkap Arum, jumlah pabrik gula rafinasi di Indonesia sudah mencapai 11 pabrik, padahal dulu hanya 3 unit saja. “Bagaimana tidak menjadi mesin pembunuh, dulu tiga pabrik gula rafinasi hanya dengan kapasitas produksi 500.000 ton setiap tahun. Namun saat ini, 11 pabrik tersebut punya kapasitas produksi sebanyak 5 juta ton per tahun. Padahal, kebutuhan untuk industri makanan dan minuman hanya 2, 2 juta ton. Lalu, mengapa harus berlebih seperti itu produksinya,” paparnya.

Ditambahkan, untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi rumah tangga, sebenarnya produksi gula nasional sudah mencukupi. Kebutuhan untuk konsumsi rumah tangga hanya 2,3 juta ton, sedangkan produksi gula nasional mencapa 2,5 juta ton. Artinya untuk urusan kebutuhan rumah tangga sudah selesai, tinggal urusan industri.

Kendati begitu, Arum mengimbau seluruh petani tebu di Indonesia untuk tetap optimis.  “Kita tidak boleh terus mengeluh, mari kita bangkit, agar di tahun ini kita bisa bangkit dari keterpurukan,” pungkasnya. *** SH

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id