Menu
SAJIAN ISI

Sertifikasi ‘Planters’ Wajib Hukumnya di Perkebunan

Sertifikasi ‘Planters’ Wajib Hukumnya di Perkebunan

Lembaga penyelenggara pendidikan perkebunan berpendapat, program sertifikasi bagi sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di perusahaan perkebunan yang bisa disebut ‘planters’ hukumnya wajib. Dalam penyiapan tenaga kerja yang handal, peran Lembaga Pendidikan dan Pelatihan sangat penting peranannya dalam membentuk dan menghasilkan SDM perkebunan khususnya asisten kebun sawit.

Mengingat peranan penting tersebut, perlu konsolidasi agar dapat menghasilkan tenaga lulusan yang kompeten, sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan. Jika lembaga pendidikan dan pelatihan tidak melakukan hal tersebut, maka lembaga pendidikan dan pelatihan tersebut hanya akan menghasilkan lulusan berijazah, tetapi tidak atau sedikit menghasilkan lulusan bersertifikasi kompetensi.  

Hal ini dapat terjadi karena sertifikasi kompetensi dalam konsep pengembangan SDM Berbasis Kompetensi dilakukan oleh lembaga independen. Artinya lembaga pendidikan dan pelatihan sebagai produsen kompetensi, dipisahkan dengan lembaga sertifikasi kompetensi sebagai penjamin mutu kompetensi. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya konflik kepentingan dalam suatu lembaga.

Lembaga pendidikan dan pelatihan dapat menerbitkan ijazah atau sertifikat diklat bagi lulusannya. Tapi untuk menjamin bahwa mereka telah memenuhi standar kompentensi yang ditetapkan, mereka harus lulus uji kompetensi/asesmen kompetensi yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi kompetensi yang independen.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Archipelago edisi Juni 2015. Dapat diperoleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id