Menu
SAJIAN ISI

Cargill dan IPB Panen Perdana Kelapa Sawit

Cargill dan IPB Panen Perdana Kelapa Sawit

Cargill dan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan panen kelapa sawit perdana di Kebun Pendidikan Kelapa Sawit IPB-Cargill (IPB-Cargill Oil Palm Teaching Farm) di Jonggol, Bogor, Jabar. Kebun pendidikan yang merupakan yang pertama di Indonesia disponsori sumbangan US$250.000 dari Cargill yang diberikan tahun 2012. Mahasiswa IPB yang mengambil program Agrikultura  melakukan panen tandan buah segar pertama di kebun seluas 50 hektar ini.

“Kolaborasi dengan Cargill di tiga tahun terakhir ini sangat menggembirakan dalam upaya kami untuk mendirikan salah satu kebun pendidikan terbesar di dunia. Kebun pendidikan kelapa sawit IPB-Cargill telah membantu untuk menumbuhkan profesional kelapa sawit generasi selanjutnya yang setelah lulus akan masuk ke industri sebagai penganjur dan praktisi produksi kelapa sawit berkelanjutan,” kata Dr Sudradjat MS, Ketua Kebun Pendidikan Kelapa Sawit IPB-Cargill, pekan terakhir Mei kemarin..

Kebun pendidkan yang didirikan oleh Cargill dan IPB Juli 2012 ini diperkirakan memproduksi 8 - 9 ton tandan buah segar (TBS)/hektar/ tahun untuk panen pertamanya. Pohon sawit biasanya berbuah pada usia 3 tahun. Umur produktif normal pohon kelapa sawit sekitar 20 tahun. Di kebun pendidikan kelapa sawit pertama di Indonesia, tiap semester sekitar 300 mahasiswa menjadikannya sebagai tempat praktikum  dan 17 mahasiswa dari program pasca sarjana dan PhD belajar mengenai produksi berkelanjutan dan praktik manajemen pertanian terbaik.

John Hartmann, Chief Executive Officer, Cargill Tropical Palm mengemukakan, membangun rantai pasokan kelapa sawit berkelanjutan adalah upaya berbagai pemangku kepentingan, dan ini termasuk mendidik profesional dalam industri sejak dari awal. “Kami bangga bisa bekerja sama dengan institut pertanian terdepan Indonesia untuk membentuk profesional masa depan yang akan membantu membentuk dan memimpin industri kami menuju standar-standar keberlanjutan tinggi,” katanya. *** AP

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id