Menu
SAJIAN ISI

Pungutan Dana CPO Akan Mendongkrak Harga

Pungutan Dana CPO Akan Mendongkrak Harga

Kebijakan pemerintah memberlakukan pungutan dana CPO diyakini akan mendongkrak harga sawit dalam jangka panjang seiring dengan berkurangnya pasokan CPO akibat sebagian kebun sawit rakyat diremajakan. Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, Bayu Krisnamurthi mengatakan, saat diterapkan pungutan ekspor minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) pada 16 Juli 2015, maka mulai saat itu pula penyerapan biofuel dalam negeri dapat dilakukan.

Menurut Bayu,  untuk rata-rata satu tahun penuh penyerapan CPO bisa mencapai 5,2 juta kiloliter dari kebun rakyat. "Kalau kami kerja mulai 16 Juli, kami ambil pungutan kira-kira bisa empat bulan, jadi sepertiga dari itu ya 1,8-2 juta kiloliter yang bisa diserap dalam empat bulan," jelasnya.

Penyerapan 1,8 juta kiloliter tersebut masuk ke pasar dalam negeri yang secara langsung juga menjadi upaya pemerintah melakukan peremajaan. Penerapan pungutan ekspor CPO juga menjadi strategi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan harga CPO Indonesia yang akhir-akhir ini jatuh.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Archipelago edisi Agustus 2015. Dapat diperoleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id