Menu
SAJIAN ISI

El Nino Diprediksi Pangkas Produksi Minyak Sawit 8% Featured

El Nino Diprediksi Pangkas Produksi Minyak Sawit 8%

Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Sahat Sinaga menyatakan, fenomena iklim El Nino diprediksi bisa berdampak pada penurunan produksi minyak sawit hingga 8%. Dalam penjelasannya, Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Sahat Sinaga mengemukakan, El Nino diprediksikan bisa berdampak pada penurunan produksi minyak sawit hingga 8%, yakni  ke level 2,3 juta ton dari rata-rata per bulan sebesar 2,5 juta ton.

“Kalau terjadi El Nino bisanya produksi minyak sawit pada level sekitar 2,3 juta ton per bulannya. Perkiraan kami produksi akan drop selama tiga bulan. Kalau Agustus itu cuaca kering, mulai September produksi sudah turun, berlanjut Oktober-November. Nanti Desember akan naik lagi,” kata Sahat.

Dengan proyeksi penurunan produksi tersebut, Sahat memperkirakan harga CPO akan terangkat tipis ke level USS730 per metrik ton di bursa Rotterdam. Kendati BMKG menyatakan El Nino telah dimulai Juni kemarin, Sahat mengatakan, di beberapa daerah, produksi kelapa sawit dilaporkan masih mendapatkan air yang cukup. Di Sumatera misalnya, hujan masih turun cukup wajar.

Kalangan pelaku usaha sawit kebanyakan memang telah mengantisipasi dampak kekeringan yang disebabkan gejala El Nino yang diprediksi dapat mengganggu proses pembungaan dan pembuahan pada komoditas primadona perkebunan ini.

Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun mengungkapkan,  untuk dapat melakukan pembungaan dan pembuahan, kelapa sawit memerlukan banyak air. Sementara, saat terjadi fenomena El Nino kelembaban udara berkurang. “Kalau El Nino-kuat, pengaruhnya bisa besar sekali. Tapi, kalau El Nino lemah itu kemungkinan berpengaruh menurunkan produksi dalam kisaran 2-3 persen,” katanya, belum lama ini, di Jakarta.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Archipelago edisi Agustus 2015. Dapat diperoleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id