Menu
SAJIAN ISI

Menyeruput Kopi di Kampoeng Banaran

Menyeruput Kopi di Kampoeng Banaran Menyeruput Kopi di Kampoeng Banaran

Lokasi wisata yang terletak di area perkebunan kopi milik PTPN IX di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini memiliki udara yang sejuk dan nyaman. Sembari melepas penat, pengunjung bisa menikmati sensasi aroma dan rasa khas kopi robusta dengan menyeruput secangkir kopi. Bila anda hendak pergi ke Semarang jangan lupa singgah ke Kampoeng Kopi Banaran. Mengelilingi kebun kopi dengan kereta wisata dan menikmati segala jenis racikan kopi ala Café Banaran tentu teramat sayang bila anda lewatkan. Lokasi wisata yang berada di daerah pegunungan membuat udara di sini sangat sejuk.

Kampoeng Kopi Banaran berada di tepi Jalan Raya Semarang-Solo, kira-kira berjarak 1 km dari Terminal Bawen, di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasi wisata ini adalah salah satu objek wisata alam yang dimiliki oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) terletak di areal perkebunan kopi Kebun Getas Afdeling Assinan. Daerah ini mempunyai ketinggian 480 – 600m di atas permukaan laut dan mempunyai suhu udara cukup sejuk berkisar 23ºC – 27ºC. Suasananya yang sangat cocok untuk melepas penat atau sekadar menyegarkan pikiran.

Yang ditanam di Kampoeng Kopi Banaran  adalah kopi robusta. Perkebunan kopi ini milik salah satu perusahaan BUMN Perkebunan. Luas keseluruhan kebun kopi ini sekitar 400 hektar. Nah, kopi robusta olahan perkebunan Banaran sudah memasuki pasar ekspor sejak dulu. Penggemarnya  cukup banyak, ada di kawasan Asia dan Eropa.

Salah satu wahana yang menjadi unggulan di sini adalah kereta wisata. Anda bisa mengelilingi kebun kopi dengan menaiki kereta wisata sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Karena dari sini kita bisa melihat keindahan Danau Rawa Pening yang legendaris.  Rawa Pening yang terlihat di seberang sana memiliki luas 2.670 hektare tepatnya meliputi Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Letak Rawa Pening di cekungan terendah tiga gunung, yakni Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Lelah setelah berkeliling kebun? Anda juga bisa mengisi perut, minum, dan istirahat di Café Banaran. Tentu saja yang menjadi menu andalannya adalah kopi. Anda bisa memilih berbagai macam racikan kopi, mulai dari Robusta, Cappucino, Espresso, dan racikan kopi nikmat lainnya. Untuk mengambil perhatian pengunjung Café Banaran selalu menyajikan kopi-kopi racikannya dengan sangat cantik.

Bentuk pola-pola yang menarik menghiasi permukaan kopinya. Kalau sudah begini rasanya sayang sekali untuk tidak mencoba menyeruput kopi racikan Café Banaran. Selain kopi, tersedia pula camilan seperti tahu bandungan dan makanan khas lainnya yang menggugah selera pengunjung.

Jenis kopi yang dihasilkan oleh perkebunan yang luas ini adalah kopi robusta yang terkenal kelezatannya. Aroma yang khas dan mengundang selera menjadikan kopi robusta banyak digemari oleh penikmat kopi. Perkebunan kopi ini telah menggunakan proses pengolahan yang terbaik untuk membuat produk kopi robusta olahannya menjadi lebih mengundang selera. Tidak hanya terkenal di dalam negeri, kopi yang diolah di Banaran telah menembus pasaran luar negeri sejak lama.

Sudah banyak negara yang menjadi tujuan ekspor dari kopi robusta dari Banaran ini. Tujuan ekspor dari kopi robusta ini tidak hanya di Asia saja, konsumen dari negara-negara di Eropa juga sudah banyak mengakui kenikmatan dari kopi robusta ini. Di lokasi agrowisata ini, para pengujung dapat mengikuti beberapa tahapan dalam membuat kopi robusta yang lezat dan mencicipi kenikmatannya.

Lokasi agrowisata Kampoeng Kopi Banaran ini tidak hanya menyediakan pemandangan perkebunan kopi yang indah dan menyejukkan. Fasilitas hiburan keluarga dan pendukung yang lain juga bisa ditemukan di area wisata ini. Bagi anda yang ingin berkeliling melihat keindahan perkebunan kopi, anda dapat menaiki kereta wisata yang akan membawa anda menyusuri perkebunan.

Untuk berkeliling kebun, bisa pula anda menggunakan kendaraan sejenis ATV. Selain bisa menikmati pemandangan kebun kopi, kita juga bisa menemukan kandang-kandang besar berisi bermacam jenis burung, misalnya burung merak. Tak hanya itu, pengunjung bisa melihat-lihat kebun buah. Beragam tanaman buah ada di sini. Namun, yang menarik, beberapa tanaman langka pun bisa dijumpai, sebutlah tanaman kurma yang asalnya dari Timur Tengah.

 

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id