Menu
SAJIAN ISI

Menyeruput Kopi Luwak di Kawasan Alas Gumitir

Menyeruput Kopi Luwak di Kawasan Alas Gumitir

Pada ketinggian sekitar 600 m dari permukaan laut (dpl), selain bisa menikmati harum dan nikmatnya kopi luwak, pengunjung di lokasi agrowisata yang dikelola PTPN XII di Kabupaten Jember, Jawa Timur  ini juga bisa melakukan kegiatan seperti outbound, camping dan lainnya.   

Cafe & Rest area Gumitir merupakan salah satu tempat wisata kuliner dan agrowisata kebun kopi di Jember, berjarak 39 km dari kota Jember ke arah Banyuwangi. Tempat ini berada di kawasan perkebunan kopi robusta milik PTPN XII (Persero) yang sejuk pada ketinggian 628 m dpl.

Diiringi alunan musik tradisional dan modern, Cafe Gumitir menyajikan makanan dan minuman khas yang cocok di udara dingin, antara lain bebek goreng sambal setan, singkong goreng Gumitir, kopi luwak dengan gula jawa Gumitir.  Bagi yang tidak ingin mencicipi kopi luwak, kopi tubruk arabica dan robusta juga bisa dinikmati di cafe yang bersuasana sejuk itu.

Untuk bisa menempuh jalur dari Jember-Banyuwangi (Jawa Timur), mengharuskan Anda untuk melewati Alas Gumitir. Alas gumitir itu berupa hutan dan gunung, sehingga terkadang muncul kabut, dan udaranya sangat dingin. Seiring melewati jalur Alas Gumitir, terdapat pemandangan-pemandangan yang sangat menyejukkan mata, karena kemurnian alam masih senantiasa terjaga, sehingga udara di sekitarnya juga terasa sejuk.
 
Patut diketahui bahwa Alas Gumitir ini berada pada ketinggian 624 m dari permukaan air laut. Dalam melewati daerah ini, Anda juga sebaiknya lebih berhati-hati karena selain jalannya berkelok-kelok, banyak kelokan yang sangat tajam, jalannya juga naik-turun karena harus melintasi pengunungan, sebelah jalannya juga adalah tebing-tebing yang tinggi dan jurang-jurang yang dalam, dan juga merupakan daerah yang rawan longsor. Selain itu, di kanan kini jalan juga bisa ditemui pohon dan hutan yang besar dan berumur tua.

Di kawasan Gumitir, terdapat perkebunan kopi yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) yaitu Kebun Gunung Gumitir.  Perkebunan yang terletak di ketinggian 624 meter dari permukaan laut dan berjarak 39 km dari kota Jember ini, mengelola kopi jenis Robusta, kopi yang rasanya sangat mantap.  Dan sebagai upaya untuk memanfaatkan peluang guna untuk menarik pengunjung, maka manajemen Kebun Gunung Gumitir membuat rest area di lokasi kebun yang berada di pinggir jalan di area alas.

Di rest area tersebut, berdiri “Cafe & Rest Area Gumitir”.  Cafe ini mulai beroperasi pada 14 Maret 2010, dengan bangunan yang masih belum permanen kala itu. Pada awal November  2011, mulai dibangun cafe permanen dengan desain yang bersahabat dengan alam.  Untuk selanjutnya, rest area ini dikembangkan sebagai tempat kawasan wisata agrowisata perkebunan dan kopi.

Cafe ini dibuat dalam bentuk gazebo yang berderet di dataran tinggi, sehingga Anda bisa leluasa melihat pemandangan kawasan perbukitan dan perkebunan kopi di Gunung Gumitir. Café ini menyajikan makanan dan minuman khas, contohnya seperti teh dan kopi luwak jenis Arabika, kopi dan teh hasil produksi PTPN XII.  Disamping udara di dekat café sangat sejuk, apalagi dengan penggunaan berbagai furniture kayu, dan dikelilingi pepohonan, tentunya bisa semakin menambah suasana makin kental alami.

Selengkapnya baca di majalah HORTUS edisi 29 / Februari 2015. Dapatkan di toko buku Gramedia terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id