Menu
SAJIAN ISI

BPDP Fasilitasi Replanting Kebun Sawit Rakyat

BPDP Fasilitasi Replanting Kebun Sawit Rakyat

Badan Pengelola Dana Perekebunan (BPDP) Sawit memfasilitasi kesepakatan kerja sama antara petani, perbankan, dan perusahaan sawit. Kerja sama ini untuk peremajaan perkebunan sawit rakyat demi meningkatkan produktivitas tanaman mereka.

"Teknologi yang akan digunakan adalah teknologi genome mapping, yakni perincian genomik berdasarkan peta gen tanaman sawit untuk mengurangi bibit gagal atau bibit jelek dalam peremajaan," kata Direktur Utama BPDP Sawit, Bayu Krisnamurthi, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (5/4).

Dijelaskan Bayu, teknologi genome mapping bisa menekan probabilitas kegagalan tanaman dari 30% menjadi 0,5%. Tanpa teknologi itu, tanaman gagal baru diketahui setelah tanaman berusia 4-5 tahun.

Melalui kerja sama itu diharapkan produktivitas perkebunan sawit rakyat yang saat ini hanya dalam kisaran 2-3 ton CPO per hektar per tahun, bisa dilipatkan. Sementara, kebun sawit milik perusahaan swasta bisa menghasilkan produksi tiga kali lipat dari kebun rakyat.

Adapun mereka yang terlibat dalam kerja sama tersebut adalah Koperasi Unit Desa (KUD) Mulus Rahayu, Desa Delima Jaya Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak Riau, dengan Bank Syariah Mandiri serta dukungan teknis pembelian hasil oleh PT Indo Sawit Subur.

Kebun yang diremajakan adalah eks-plasma seluar 270 hektar dimiliki oleh 135 keluarga petani, nilai pemb‎iayaan peremajaan yang disepakati Rp 16,48 miliar atau kurang lebih sekitar Rp 61 juta per hektar selama 11 tahun. Selain itu BPDP Sawit juga mengucurkan dana bantuan ke KUD tersebut sebesar Rp 6,75 miliar atau 25 juta per hektar.

Kerja sama lainnya juga dilakukan oleh Koperasi Sawit Mandian Jaya, Desa Bandar Padang dan Desa Bukit Meranti, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu Riau dengan Bank BRI Agro serta dukungan pembelian hasil oleh PT Smart Tbk.

Kebun yang akan diremajakan mencakup areal seluas 400 hektar dimiliki oleh 200 kepala keluarga petani. Nilai kredit yang disepakati Rp 24,7 miliar selama 13 tahun. Selain itu, BPDP Sawit memberi bantuan dana sawit untuk peremajaan Rp 10 miliar.

Bayu juga menginformasikan bahwa saat ini BPDP Sawit tengah memasuki proses penyelesaian dukungan peremajaan seluas 4.396 hektar perkebunan rakyat. Dari total tersebut, 2.140 petani dan 12 koperasi juga terkait dengan proses peremajaan lahan sawit.

"Dengan bantuan kurang lebih Rp109,9 miliar kepada tiga KUD di Palalawan dan Siak, Riau, delapan KUD dan koperasi sawit di Musi Banyuasin Sumatera Selatan, dan satu koperasi di Aceh," papar dia.

Selain itu, BPDP Sawit juga akan mendukung rencana Bank BRI Agro untuk membiayai peremajaan 9.994 hektare di Riau dan Sumatera Selatan, dengan kredit senilai Rp600 miliar dan bantuan dana sawit senilai Rp249,8 miliar. *** HB

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id