Menu
SAJIAN ISI

M. Syakir Ketua Peragi Gantikan A.Mangga Barani

M. Syakir Ketua Peragi Gantikan A.Mangga Barani

Muhammad Syakir akhirnya terpilih menjadi Ketua Peragi (Perhimpunan Agronomi Indonesia) yang baru. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementan ini menggantikan seniornya, Achmad Mangga Barani, mantan Dirjen Perkebunan, yang telah memimpin Peragi selama dua periode.    

Pemilihan Ketua Peragi itu diselenggarakan dalam acara kongres organisasi profesi bersangkutan yang dihelat di IPB International Convention Center, Bogor, Kamis (28/4). Hadir dalam acara yang diselingi dengan Seminar Nasional "Kemandirian Benih untuk Membangun Kedaulatan Pangan dan Industri", di antaranya, Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan, Mukti Sardjono, Guru Besar Fakultas Pertanian IPB, Prof. Dr. Ir. Sudirman Yahya.

Syakir mengemukakan, langkah awal yang akan dilakukan sebagai Ketua Peragi, yakni melakukan konsolidasi. Selain itu, dia juga akan menginventarisasi komda yang belum efektif merangkul semua pemikiran dan menjalin kerja sama dengan lembaga riset lainnya termasuk Balitbang.

Sebagai Kepala Badan Litbang dan juga Ketua Peragi, ujar dia, menjadi modal besar untuk mengembangkan sektor pertanian dengan mendorong hilirisasi inovasi yang dihasilkan, baik oleh perguruan tinggi maupun Badan Litbang Pertanian.

"Balitbang basisnya inovasi penelitian dan Peragi basisnya mendorong peneliti dan Iptek, menjadi kekuatan kembar bermuara pada inovasi, membumikan inovasi dan Iptek supaya terealisasi ke masyarakat dan memberikan manfaat," paparnya.

Hingga kini dilaporkan ada sekitar 5.000 anggota Peragi di seluruh Indonesia. Kebanyakan anggotanya berasal dari perguruan tinggi. Hal tersebut sebagai modal utama untuk mendorong pembangunan pertanian Indonesia.

"Agronom sangat penting, Peragi sebagai salah satu organisasi keprofesian di lingkup pertanian tersebar di Indonesia. Karena itu, jika organisasi ini didorong akan memberikan andil bagi pembangunan pertanian di tanah air," katanya.

Target Peragi, lanjut dia, berperan aktif dalam mendorong terwujudnya swasembada pangan dan pertanian yang berdaulat melalui inovasi berbasis riset dan teknologi yang dikembangkan oleh para anggotanya. Sejalan dengan program pemerintah mendorong pertanian moderen berbasis teknologi.

"Pertanian sekarang sudah modern, di era modernisasi saat ini peran agronomi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi serhingga bermuara pada peningkatkan produktivitas. Tidak ada lompatan di dunia pertanian tanpa agronom, untuk mendorong genetik, modifikasi biotik dan abiotik. Peran Peragi penting wujudkan pertanian modern," kata Syakir.

Syakir terpilih sebagai Ketua Peragi untuk masa jabatan 3  tahun ke depan. Ia menggantikan Achmad Mangga Barani yang telah memimpin Peragi selama dua periode. ** HB, NM

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id