Menu
SAJIAN ISI

Bayer Luncurkan Benih Padi Tahan Penyakit BLB

Presdir PT Bayer Indonesia Ashraf Al-Ouf Presdir PT Bayer Indonesia Ashraf Al-Ouf

Bayer kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia dan ketahanan pangan dunia. Turut mendukung Indonesia dalam pencapaian swasembada beras, PT Bayer Indonesia baru-baru ini, di Jakarta, meluncurkan benih padi hibrida revolusioner yang merupakan jenis pertama yang tersedia di Indonesia. Benih padi Arize® H6444 Gold ini memiliki potensi hasil yang tinggi dan mempunyai perlindungan kuat terhadap penyakit Bacterial Leaf Blight (BLB),yang di kalangan petani dikenal sebagai penyakit kresek.

Di Indonesia, penyakit ini dianggap sangat menakutkan karena dapat menyebabkan kerugian ekonomis yakni kehilangan hasil panen yang mencapai 20-60% tergantung tingkat keparahannya. Selain itu, penyakit yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae pv. oryzae  ini sampai sekarang memang belum tersedia pengobatan kimianya yang efektif untuk mencegah maupun mengobati tanaman yang terserang penyakit BLB ini.

Ashraf Al-Ouf, Presiden Direktur PT Bayer Indonesia mengatakan, “Arize® H6444 Gold adalah terobosan terbesar dari Divisi Crop Science kami. Arize® H6444 Gold memiliki kemampuan untuk memastikan hasil panen yang tinggi dan efektif memerangi penyakit BLB. Penyakit ini bisa menimpa tanaman padi di setiap tahap pertumbuhan dan menyebabkan bibit menjadi layu dan menguning.”

Dikatakan, sebagai salah satu teknologi revolusioner, benih padi hibrida Arize® H6444 Gold ini ternyata dibuat melalui pendekatan pembenihan yang terintegrasi sangat modern yang menggabungkan metodologi patologi tanaman dan teknologi penanda molekuler secara efektif.
Setelah di uji, dalam kasus serangan BLB pada tanaman padi, peningkatan hasil panen Arize® H6444 Gold sangat signifikan dibandingkan dengan benih inbrida tradisional atau varietas hibrida lainnya.

Selanjutnya, dalam tahap budidaya, padi hibrida ini memiliki umur panen lebih singkat yakni 130 hari setelah tanam (HST) dengan standar deviasi ± 5 hari. Terkait dengan deskripsi benih tersebut, Mohan Babu (Country Head Crop Science Divison, Malaysia dan Indonesia) mengungkapkan bahwa benih padi hibrida Arize® H6444 Gold berbentuk biji-bijian setengah ramping dan aromatik.

Pencapaian hasil panen padi hibrida yang tinggi ini telah dibuktikan pada awal bulan April lalu oleh lebih dari 700 petani dari seluruh Lampung saat menyaksikan kinerja di lahan pengujian dan menjadi petani pertama yang menerapkan teknologi revolusioner ini di Indonesia pada musim tanam berikutnya.

Melalui Arize® H6444 Gold, Bayer terus memberikan ilmu pengetahuan yang inovatif bagi Indonesia dalam komitmennya untuk membantu masyarakat Indonesia mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Oleh karena itu, petani padi di Indonesia pun dapat mencapai panen hasil yang tinggi sehingga swasembada beras dapat tercapai. ***HB

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id