Menu
SAJIAN ISI

Jusuf Manggabarani, Mantan Wakapolri: Di Tangannya, Aneka Jenis Pohon Tumbuh Subur

Jusuf Manggabarani, Mantan Wakapolri Jusuf Manggabarani, Mantan Wakapolri

Pensiunan jenderal polisi berbintang tiga ini lebih memilih usaha pertanian dan perikanan dalam mengisi hari-hari tuanya. Yang menarik, aneka jenis pohon yang dibudidayakan Wakapolri era Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri ini tumbuh subur dan berbuah lebat.   

Jusuf Manggabarani memang bukan seorang insinyur pertanian ataupun insinyur perikanan. Namun, soal bagaimana merawat tanaman, khususnya tanaman hortikultura buah-buahan hingga tumbuh dan berkembang serta menghasilkan buah, ayah empat anak berdarah Bugis-Makassar ini bisa dibilang pakarnya.  Pun halnya, ihwal budidaya ikan seperti lele, ikan patin, ikan mas, ikan koi, ikan arwana, dan jenis ikan lainnya, ia juga terlihat sangat menguasai.

Jusuf Manggabarani1Sejak masih dinas aktif di institusi kepolisian, perwira tinggi polisi lulusan Akpol 1975 ini memang punya kebiasaan mengoleksi bibit aneka jenis tanaman buah-buahan. Kebiasaan itu dilakukan Jusuf di sela waktu senggangnya menjalankan penugasan, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Saat saya bersama teman-teman ditugaskan ke Malaysia ataupun Thailand, saya lebih memilih mencari bibit tanaman yang ada di negara itu. Pada saat yang sama, teman-teman saya lebih memilih untuk bermain golf,” kisah adik Achmad Manggabarani, mantan Dirjen Perkebunan ini ketika berbincang-bincang dengan HORTUS Archipelago, belum lama ini, di lokasi usaha budidaya lelenya di kawasan Rangkapan Jaya, Depok, Jawa Barat.

Di area seluas 7,9 hektar tersebut, mantan Kapolda Sulawesi Selatan dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) ini, memang tidak sekadar beternak lele. Tapi, juga membuka usaha pemancingan galatama untuk umum, lapangan futsal untuk anak-anak dan remaja, serta membangun kolam pemancingan pribadi untuk keluarga. Di hampir seluruh area usahanya itu, ia juga tak lupa menghiasi dengan aneka jenis pohon buah-buahan, baik dari jenis tanaman lokal maupun mancanegara.  

“Ini pohon mangga yang bibitnya dari Thailand… ini buahnya manis sekali. Sementara itu yang di pojok mangga asal Bengkulu yang dinamakan Manggabarani, yang buahnya sangat besar dan manis rasanya,” ujar Jusuf sembari mengajak HORTUS berjalan mengelilingi setiap penjuru lokasi usahanya yang berada di bawah bendera PT Xpro Agrotama Sawangan tersebut.

Aneka jenis pohon buah-buahan memang nampak tumbuh subur di lokasi yang berjarak 100 meter dari jalan raya yang menghubungkan Depok-Sawangan  itu. Sebagian tanaman baru berbunga, sebagian lagi sudah mulai berbuah cukup lebat serta sejuk untuk dipandang mata. Beberapa tanaman buah yang ada di lokasi tersebut, di antaranya adalah pohon mangga telur dari Makassar,  pohon sawo dari Thailand, jambu Jamaika, pohon longkong hasil persilangan duku dan langsat, jambu bol Cianjur, pohon kecapi, mangga arum manis raja, dan lainnya.  

Selengkapnya baca di majalah HORTUS Edisi 28/Januari 2015 dapat diperoleh di toko buku Gramedia seluruh Indonesia

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id