Menu
SAJIAN ISI

Jangan Sampai Petani Tanam Benih Tak Unggul

Jangan Sampai Petani Tanam Benih Tak Unggul

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pertanian Nasional 2016, Selasa  (31/05/16) digelar di kantor pusat Kementerian Pertanian. Pada kesempatan itu, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengumpulkan seluruh Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan tingkat provinsi di seluruh Indonesia.

Dalam acara tersebut, Amran mengingatkan agar jajarannya lebih selektif lagi memperhatikan benih bantuan yang akan diberikan pada para petani. Terutama pada tanaman tahunan, seperti sawit. Sebab, benih sawit yang tidak berkualitas, baru akan diketahui setelah 4-5 tahun masa tanam. Hal itu, akan merugikan petani sebab produksi rendah sedang perawatan memerlukan biaya mahal.

“Kita juga akan bicarakan dalam Musrenbang nanti tentang pengembangan benih unggul. Saya tidak ingin lagi terjadi petani tanam benih tidak unggul dan mengalami rugi,” tegas Amran di hadapan jajarannya.

Selain pemulian bibit unggulan, akan dikembangkan juga program peremajaan/replanting pada komoditas karet, sawit, tanaman lainnya. Sampai sekarang, 200 ribu hektar (replanting) sudah berjalan. Anggaran kurang lebih Rp3 triliun, lanjut Amran, akan disalurkan untuk mendukung industri. kakao, karet, sawit.

Anggaran tersebut akan disalurkan dengan menggunakan KUR (kredit usaha rakyat). “Sebab dengan KUR target bisa bisa dikembangkan mencapai  Rp30 triliun,” ungkap Amran.

Selain itu, Kementan juga akan menargetkan integrasi sawit jagung pada lahan seluas 1 juta hektar yang akan diselesaikan tahun ini. Untuk mendukung program tersebut, pemerintah akan berikan bantuan bibit dan alsintan.

“Kita sudah mencoba Integrasi sawit jagung pada lahan 13 ribu hektar di Pasaman, Sumatera Barat. Dan berhasil produksi jagung mencapai kisaran 6-7 ton per hektar. Dulu panen rumput sekarang panen jagung. Insya Allah akan kita  kembangkan sampai 1 juta hektar tahun ini. Kita harus gunakan momentum tahun ini, yang mana tahun ini adalah tahun basah,” kata Amran.  ** NM

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id