Menu
SAJIAN ISI

Franky Oesman Widjaja, CEO Golden Agri-Resources: Dunia Tetap Akan Membutuhkan Sawitttt

Franky Oesman Widjaja, CEO Golden Agri-Resources Franky Oesman Widjaja, CEO Golden Agri-Resources

Ketergantungan masyarakat dunia terhadap minyak nabati, khususnya minyak sawit akan terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk dunia dan peningkatan pendapatan mereka. Karena itu, Franky Oesman Widjaja berpandangan bahwa industri sawit di Indonesia perlu terus dikembangkan secara berkelanjutan. Meski Eka Tjipta Widjaja, sang ayah kesohor sebagai konglomerat yang memiliki banyak perusahaan di negara ini, namun Franky Oesman Widjaja tidaklah diperlakukan manja oleh ayahnya.

Ketika selesai menimba ilmu dan mengantongi gelar Bachelor's in Commerce, dari Universitas Aoyama Gakuin di Jepang, beberapa puluh tahun silam,  Franky bukannya diminta Eka Tjipta untuk memimpin usaha milik ayahnya di perkantoran yang mentereng. Tapi, ia justru ditugasi sang ayah  menimba pengalaman terlebih dulu di lapangan.

”Ayo ke Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Belajar dari bawah,” begitu kira-kira pinta sang  ayah kala itu. Sejak saat itu, beberapa tahun Franky harus rela keluar masuk kebun, naik-turun perahu kayu atau sesekali naik sepeda dan sepeda motor untuk mengumpulkan kopra rakyat. “Ini fase berkesan pada diri saya sebab ayah memang begitu. Semua anaknya dilatih dulu di lapangan, dalam hutan, serta alam yang menantang,” ujar Franky.

Dalam hutan pekat, sinar matahari pun sulit menembus, berjalan menuju kampung penduduk. Kopra-kopra yang dia beli dari petani lalu dikumpulkannya. Ada yang diangkut dengan truk, ada pula melalui perahu kayu. Kalau semua pekerjaan itu tuntas, lanjutnya lagi, tak bisa dilukiskan bagaimana senangnya hati ini.

Boleh jadi lantaran, pengalamannya di lapangan dianggap sudah memadai maka pada 1996, Franky dipercaya sang ayah untuk menjabat sebagai Chairman and Chief Executive Officer, Golden Agri-Resources, yang merupakan induk perusahaan dari PT SMART Tbk (perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan perkebunan sawit).

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id