Menu
SAJIAN ISI

Miranda Goeltom Apresiasi Perekonomian Indonesia

Miranda Goeltom Apresiasi Perekonomian Indonesia

Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) yang sekarang menjabat Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (UI) Prof. Miranda S Goeltom mengapresiasi perekonomian Indonesia. Tampil sebagai salah satu pembicara pada Seminar Indonesai Economic Outlook (IEO) 2017 yang mengambil tema “Conquering the Challenges of the Economic Integration”, Miranda menambahkan, perekonomian Indonesia tidak terlalu terpengaruh ketidakpastian global. Dengan kata lain, perekonomian Indonesia lumayan bagus ketimbang banyak negara.

"Perekonomian dunia bukan hanya dipengaruhi oleh Amerika Serikat saja. Tapi juga dipengaruhi negara Cina dan India," katanya di Auditorium Pusat Studi Jepang (PSJ) UI, Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

Direktur Makro dan Statistik, Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti yang juga menyoroti perekonomian dunia menambahkan, bila dikaitkan dengan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat maka menjadi menarik dipertanyakan adalah, apakah kebijakan yang diambil nantinya sesuai janji politiknya selama kampanye atau tidak.

Namun, ujar Amalia, biasanya jika telah menjadi presiden akan lebih cermat dalam menentukan kebijakan dan memperhatikan bagaimana dampak-dampaknya. "Jika Amerika melakukan kenaikan suku bunga maka harus diantisipasi dengan baik," tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala ekonomi Bidang Fiskal Kemenkeu, Parjiono menyatakan,  meskipun ekonomi global diwarnai ketidakpastian dan harga komoditas yang masih rendah tetapi Indonesia harus tetap fokus melaksanakan program-program yang telah ditetapkan. "Terpilihnya Donald Trump, adanya Brexit merupakan kejadian yang tak disangka," katanya.

Dikatakannya, perekonomian dunia memang ada siklusnya, pertumbuhan ekonomi dalam negeri sudah cukup bagus tapi memang belum cukup dan perlu ditingkatkan lagi.

Seminar ini merupakan alur terakhir dari rangkaian kegiatan IEO ‘17. Kegiatan ini merupakan wadah kilas balik perekonomian Indonesia pada tahun yang sedang berjalan dan wadah pemaparan rekomendasi serta outlook perekonomian Indonesia pada tahun 2017 oleh para pembicara yang kompeten di bidangnya.

Indonesia Economic Outlook tahun ini bertemakan “Conquering the Challenges of the Economic Integration” dengan fokus pada meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain, meningkatkan daya saing di pasar uang maupun pasar modal, serta mengoptimalisasi instrumen fiskal untuk menarik minat investor.  *** HB

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id