Menu
SAJIAN ISI

HUT ke-2: BPDP-KS Gelar Bukber dan Santuni Anak Yatim Featured

HUT ke-2: BPDP-KS Gelar Bukber dan Santuni Anak Yatim

Hari Selasa, 12 Juni 2017, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) menyelenggarakan buka puasa bersama (bukber) bersama anak yatim, para stakeholders dan wartawan di Hotel Pullman, Jakarta. Acara bukber tersebut yang dihelat dalam rangka merayakan HUT ke-2, BPDP-KS itu ditandai dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu dari Majelis Taklim Annisa.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Dirut BPDP-KS, Dono Boestami dan anggota direksi lainnya, Ketua Dewan Pengawas BPDP-KS Rusman Heriawan, dan Sekretaris Kemenko Perekonomian,  Lukita Dinarsyah Tuwo, dan undangan lainnya.

“BPDP ini dinaungi 8 kementerian dan 1 kemenko, jadi agak repot menyebutnya satu persatu.
Acara ini juga sekaligus merayakan hari jadi BPDP KS yang kedua, hari jadinya tepatnya pada 10 Juni 2015. Jadi ini spesial, di bulan Ramadan, semoga bisa membawa berkah untuk kita semua,” kata Dono Boestami mengawali sambutannya.

Selain itu, lanjut Dono, banyak hal yang patut disyukuri di tahun kedua BPDP-KS. Di  antaranya, yang menjadi salah satu tugas mulia BPDP-KS adalah stabilisasi harga sawit dan produk turunannya telah mulai bisa diwujudkan, yang ditandai dengan tren kenaikan harga CPO. “Insya Allah ini akan terus kita pertahankan.”

Dari sisi ketahanan energi, yakni dalam mendukung suksesnya program biodiesel di negara ini, penyaluran dana sampai semester I tahun 2017 ini telah mencapai sekitar 1,2 juta kiloliter. Ini tentu membawa dampak positif berupa penghematan devisa sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca.

Ekspor komoditas sawit hingga Mei 2017 telah mencapai 15,3 juta ton, dimana hampir 90% nya ini adalah berasal dari produk hilir, hingga nilai tambah produk sawit diharapkan dapat terus dioptimalkan ke depannya.  

Pendapatan tahun 2017 yang diperoleh BPDP-KS hingga Mei 2017 mencapai  Rp5,7 triliun, dimana sekitar Rp5,5 triliun di antaranya merupakan hasil dari pungutan ekspor, selebihnya adalah hasil pengelolaan dana. Ini juga ke depan diharapkan bisa terus berkembang dengan telah keluarnya surat izin dari menteri keuangan untuk pengelolaan dananya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita sudah bisa menyiapkan investment policy dan SOP dan lain sebagainya sehingga bisa memberikan nilai tambah atau memperbesar lagi dana yang bisa dikelola oleh BPDP-KS,” katanya.

Sementara itu, Rusman Heriawan menambahkan, harapan para multistakeholder di antaranya adalah bagaimana BDDP-KS ini bisa mengelola dana dengan optimal, yakni dapat mengoptimalkan dana yang ada pada tingkat yang aman, tetapi dapat memperoleh yield yang sebaik-baiknya.

“Ini tentu tidak mudah, karena di satu pihak dia punya kewajiban-kewajiban yang cukup banyak, ada replanting, ada promosi, ada peningkatan kapasitas kebun, kemudian ada pembayaran insentif biodiesel. Tapi di lain pihak juga barangkali dituntut bagaimana dana yang masih bisa fleksibel itu dipakai untuk investasi. Dan kebetulan pak dirut tadi bilang sudah ada surat dari menteri keuangan yang membolehkan untuk mengembangkan pilihan-pilihan investasi,” papar Rusman.  ***HB

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id