Menu
SAJIAN ISI

Rianti Cartwright: Rela Berkotor Ria Demi Lingkungan

Rianti Cartwright: Rela Berkotor Ria Demi Lingkungan Rianti Cartwright: Rela Berkotor Ria Demi Lingkungan

Artis berdarah bule ini menikmati hebohnya lomba perahu karet sambil membersihkan Sungai Ciliwung di Jakarta. Rianti sama sekali tidak terlihat canggung saat harus basah-basahan oleh air sungai. Awal Juni kemarin, Rianti ikut berpartisipasi dalam acara Celoteh Ciliwung di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Aksi yang fokus pada pembersihan Sungai Ciliwung itu melibatkan 5300 lebih peserta dan digelar di 11 titik di Jakarta. Salah satunya adalah di Cijantung.

Di lokasi itu, Rianti ikut serta dalam lomba perahu karet. Yang unik, peserta tak hanya diharuskan tiba paling cepat di garis finish yang berjarak sekitar 4 km, tapi juga harus mengambil sampah, terutama sampah plastik, sebanyak mungkin. Jadi, cepat saja belum cukup untuk menang. Itu juga yang akhirnya membuat Rianti harus rela berbasah-basahan.

Istri Alfonso Nainggolan ini terlihat begitu antusias memunguti sampah-sampah yang dilewatinya. “Memang sangat penting untuk meningkatkan awareness tentang sampah dan pengelolaan sampah, khususnya hari ini tentang keadaan Sungai Ciliwung dan betapa banyak sampah. Cukup seru sih tadi ikutan lomba perahu sambil memungut sampah dan sekarang aku basah kuyup,” kata wanita kelahiran Bandung, 22 September 1983 ini.

Saking antusiasnya, wanita berparas cantik yang terlahir dari ayah berdarah Inggris dan ibu Sunda-Jawa ini sama sekali tak merasa risih harus bersentuhan dengan air sungai yang bewarna coklat keruh, serta terdapat sampah di sekelilingnya.

“Nggak apa-apalah, sekali-kali terjun ke sungai. Aku udah seru-seruan, udah bangga diajak dan berpartisipasi. Kalau ini aku cuma mengalami sehari tetapi masyarakat yang lain setiap hari,” ujarnya.

Pemeran Film “Ayat-ayat Cinta” ini memang sangat antusias jika diajak berpartisipasi dalam event-event bertema lingkungan. Ini adalah kedua kalinya ia berpartisipasi di acara Green Smile. Harapannya, masyarakat makin sadar akan bahaya sampah dan mereka pun menjadi tidak membuang sampah secara sembarangan.

Selain itu, wanita yang punya nama lengkap Rianti Rhiannon Cartwright ini, mengimbau agar masyarakat jangan terlalu sering menggunakan barang-barang seperti tisu, plastik, styrofoam dan barang-barang lainnya yang tidak baik bagi kelestarian lingkungan ini. Sebab, bila tidak tertangani secara baik barang-barang itu akan menambah pencemaran lingkungan di sekitar permukiman warga.
Acara Celoteh Ciliwung digelar di 11 titik bersama 11 komunitas peduli Ciliwung. Total, ada 5.300 lebih orang yang berpartisipasi pada acara itu. Jumlah tersebut memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai kerja bakti membersihkan sungai dengan peserta terbanyak.

Celoteh Ciliwung ini juga bagian dari event besar Jakarta River Festival, yang terdiri dari tiga bagian. Yang pertama adalah Layar Tancap dan Grebeg Pasar, yang kedua Trashtory dan yang ketiga dan terbesar adalah Celoteh Ciliwung ini.  ***HEN, AP

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id