Menu
SAJIAN ISI

Produksi Biodiesel Turun Semester I/2017

Produksi Biodiesel Turun Semester I/2017

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengungkapkan, kinerja industri biodiesel mengalami stagnasi atau cenderung menurun pada lima bulan pertama 2017. Penurunan tersebut tak lepas dari terlambatnya pengumuman alokasi biodiesel oleh  Pertamina dan proses administrasi tender yang panjang.

Data Gapki menyebutkan, produksi biodiesel periode Januari-Mei 2017 sebesar 1,03 juta ton atau turun sebesar 1,9% dibandingkan periode sama 2016 yang mencapai 1,05 juta ton. Sementara itu, produksi biodiesel pada bulan Mei hanya mencapai 171,900 ton atau turun 26% dibandingkan sebulan sebelumnya yang mencapai 232.500 ton.

Kondisi ini berimbas pada penyerapan biodiesel di dalam negeri pada Mei 2017 yang hanya 141.750 ton atau turun 38% dibandingkan April 2017 yang sebesar 227.720 ton.  "Sementara kinerja produksi biodiesel juga mengalami stagnasi dibandingkan tahun lalu," ungkap Direktur Eksekutif Gapki Fadhil Hasan, baru-baru ini, di Jakarta.

Secara terpisah, Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi), Paulus Tjakrawan mengatakan, saat ini kasus tudingan dumping biodiesel tengah dibahas di Amerika. Kalau pemerintah AS masih memiliki pertanyaan atau data tambahan maka akan segera diajukan ke pemerintah Indonesia maupun swasta.

“Kalau tidak, maka pada bulan Agustus atau paling lambat bulan September ini, pemerintah AS akan memutuskan benar tidaknya ada dumping biodiesel di Indonesia,” tegas Paulus.

Kalau pun nantinya pemerintah AS misalkan memutuskan ada dumping maka Indonesia masih ada peluang memperkarakan ini ke Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO). Itu pun kalau Indonesia masih melihat pasar AS tetap menggiurkan.

"Memang harus diakui pasar AS lumayan besar karena mereka butuh dalam kisaran 10 juta hingga 11 juta kiloliter biodiesel per tahun," kata Paulus lagi.

Saat ini, total produksi biodiesel Indonesia mencapai 2,5 juta ton kiloliter, atau turun dari tahun 2016 yang mencapai 3 juta kiloliter. Penurunan tersebut disebabkan pada bulan Mei-Juni lalu, suplai biodiesel terhenti karena penunjukan baru dari PT Pertamina yang harus disinkronkan dengan perundang-undangan. ***AP

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id