Menu
SAJIAN ISI

Mutuagung Raih ‘Third-Party Certifier’

Mutuagung Raih ‘Third-Party Certifier’

PT Mutuagung Lestari yang dikenal sebagai Mutu Certifica¬tion International mendapatkan pengakuan sebagai Third Party Certifies (Lembaga Sertifikasi dan Pengujian (Emis¬sion Formaldehyde Standard) oleh United State Environmental Protection Agency (US-EPA) dalam proses sertifikasi dan pengujian produk Composite Wood Prod¬uct atau produk-produk berbasis kayu.

“Kami (Mutuagung) satu-satunya perusahaan penguji yang berasal dari kawasan ASEAN. Di Indonesia, baru kami perusahaan lokal yang mendapatkan pengakuan sertifikasi dan pengujian produk komposit kayu,” kata Arifin Lambaga, Presiden Direktur PT Mutuagung Lestari penuh bangga dalam jumpa pers pada medio Juli 2017, di Cimanggis, Jawa Barat.

Arifin menjelaskan, saat ini baru 15 lembaga pengujian dan sertifikasi produk komposit kayu yang ditunjuk US-EPA termasuk Mutu Certification. Dari 15 lembaga berasal dari Amerika Serikat berjumlah 6 lembaga, Eropa sebanyak 5 lembaga, Tiongkok berjumlah 3 lembaga, dan di ASEAN baru Mutu Certification International.

“Dari jumlah tersebut, 14 lembaga adalah Multi National Company (MNC).  Hanya mutu Agung yang bukan perusahaan multinasional. Ini menunjukan bahwa kita mampu bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” tegasnya.

Pengakuan dari US-EPA kepada Mutu Certification diberikan pada Mei 2017.  Keberhasilan Mutu Certification International ini sangatlah membanggakan karena menjadi lembaga sertifikasi pertama dan satu-satunya tidak hanya di Indonesia melainkan mewakili Asia dan Australia dalam melaksanakan peran sebagai Third-Party Certifier. US-EPA adalah badan pemerintah Amerika Serikat yang berfungsi melindungi kesehatan manusia dan lingkungan berdasarkan undang-undang yang disahkan oleh kongres.

Sebagai Third-Party Certifier, Mutu Certification International dapat melakukan pengujian dan sertifikasi produk berbasis kayu yang akan diekspor ke pasar Amerika Serikat dari sisi kesesuaian terhadap persyara¬tan Emisi Formaldehyde yang ditetapkan oleh US-EPA. Kegiatan sertifikasi dan pengujian formal behide produk composite wood tidak hanya dari Indonesia akan tetapi dari seluruh Asia dan Australia yang akan diekspor ke Negara Paman Sam.

Diperolehnya pengakuan dan kepercayaan dari US-EPA ini, ujar Arifin,  juga berkat dukungan dari Komite Akreditasi Nasional/Badan Standardisasi Nasional dan Kedutaan Besar Indonesia di Amerika Serikat, serta Apindo.  ***SH

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id