Menu
SAJIAN ISI

40 Perusahaan Terima Sertifikat ISPO

40 Perusahaan Terima Sertifikat ISPO

Selang waktu 4 bulan dari penyerahan sertifikat ISPO ke-8, akhirnya Sekretariat Komisi ISPO  (Indonesian Sustainable Palm Oil) kembali menerbitkan 40 sertifikat kepada perusahaan yang telah dinyatakan lulus oleh Tim Penilai ISPO.Ketua komisi ISPO, Bambang secara langsung menyerahkan sertifikat tersebut dalam acara “Workshop Penguatan Indonesian Sustainable Palm Oil dan Penyerahan Sertifikat ISPO ke-9 Tahun 2017” pada Senin (29/8), bertempat di Auditorium Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta.

Sertifikat ISPO ini diberikan kepada 9 lembaga sertifikasi, yakni PT Mutuagung Lestari, PT TUV Nord Indonesia, PT Mutu Indonesia Strategis Berkelanjutan, PT SAI Global, PT AJA Sertifikasi Indonesia, PT Sucofindo, PT Mutu Hijau Indonesia, PT Agri Mandiri Lestari, PT Bureau Veritas.

Dengan bertambahnya 40 pelaku usaha penerima sertifikat tersebut, kini total jumlah sertifikat yang telah diterbitkan pihak Sekretariat ISPO mencapai 306 sertifikat yang terdiri dari 304 perusahaan, 1 KUD (Koperasi Unit Desa) Kebun Plasma dan 1 Asosiasi Kebun Swadaya dengan total luasan 1.882.075,85 hektar dan total produksi Crude Palm Oil (CPO) 8.147.013,63 ton.

Mengenai sertifikat ISPO ini, Bambang yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Perkebunan  Kementerian Pertanian dalam sambutannya mengatakan bahwa “Intinya ISPO ini adalah pengakuan pasar terhadap produk turunan kelapa sawit kita bahwa dilaksanakan dengan tata kelola yang ramah lingkungan, yang baik, untuk bisa diakui di pasar internasional.”

Dengan pencapaian yang masih rendah ini, ia pun mengimbau kepada para pelaku usaha serta lembaga sertifikasi untuk mendukung pelaksanaan percepatan ISPO. “Saya mengimbau kepada teman-teman pelaku usaha, lembaga sertifikasi, dan sekretariat ISPO terus melakukan percepatan-percepatan sehingga sertifikasi ISPO bisa dipercepat laju penerbitan sertifikat ISPO-nya.”

Memang sampai saat ini telah terdata sebanyak 551 pelaku usaha perkebunan terdaftar mengikuti sertifikasi ISPO. Namun saat ditanya perihal kinerja Komisi IPSO, Aziz Hidayat yang merupakan Kepala Sekretariat ISPO menjelaskan, “Jadi capaian kinerja komisi ISPO sekarang dari 376 hasil audit yang masuk yang sudah kita proses dan luluskan 306. Masih ada 70 yang sudah proses verifikasi, ada yang ditunda itu termasuk yang 11 itu masalah HGU (Hak Guna Usaha) termasuk kawasan dan sebagainya, sisanya masih ada belum audit, ada yang sedang audit. Jadi yang ada di sekretariat sekitar 70. Ya kita pacu untuk kita verifikasi segera.”

Hingga kini masih terdapat 11 perusahaan yang ditunda pengakuannya karena dinyatakan belum clean & clear terutama terkait masalah legalitas lahan sedangkan sisanya sebanyak 175 pelaku usaha sedang menunggu laporan hasil audit, proses audit dan sebagian sedang menunggu jadwal audit. Hingga akhit tahun 2017 ini ditargetkan Komisi ISPO dapat menerbitkan paling tidak sekitar 350 sertifikat. ***HB

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id