Menu
SAJIAN ISI

Separuh dari Luas Kebun Kopi Harus Diremajakan Featured

Separuh dari Luas Kebun Kopi Harus Diremajakan

Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (Gaeki) menyatakan, rencana pemerintah untuk meningkatkan produksi kopi Indonesia hingga 1 juta ton per tahun baru akan terwujud bila pemerintah melakukan program yang komprehensif.

Menurut Hutama Sugandhi, Ketua Umum Gaeki, program komprehensif yang dimaksud, mencakup pengerahan tenaga penyuluhan dalam jumlah memadai khususnya di daerah sentra penghasil kopi, memberikan dukungan bibit kopi yang unggul kepada petani, kemudian memberikan subsidi pupuk hingga melakukan intensifikasi dan replanting (peremajaan) pohon-pohon kopi.

Dalam kalkulasinya, kurang lebih 50% dari seluruh kebun kopi di Indonesia harus diremajakan lantaran pohon-pohon kopi sudah semakin tua, dan tidak dirawat dengan baik.“Menurut saya, dari 1,2 juta hektar kebun kopi yang tersebar, lebih dari 50% harus di-replanting. Artinya lebih dari 600.000 hektar harus diremajakan,” tegasnya.

Menyikapi rendahnya produktivitas kopi di Indonesia, Hutama mengimbau agar semua stakeholder komoditas kopi di negara ini harus bisa saling bekerja sama. "Apabila semua pihak saling bekerja sama, bukan tidak mungkin produktivitas kopi dapat ditingkatkan," ujarnya optimistis. **NM

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id