Menu
SAJIAN ISI

Ekspor Kopi ke Jerman

Ekspor Kopi ke Jerman

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga melepas ekspor kopi perdana tujuan Port Bremen Jerman seusai membuka secara resmi acara “SMESCO Rembug Kopi Nusantara 2017” di Gedung SME Tower SMESCO Indonesia, belum lama ini, Jakarta.

“Ini yang ke Jerman untuk yang pertama kali, walaupun sebelumnya sudah ada ke beberapa negara lain. Mudah-mudahan semakin hari semakin besar jumlah anak-anak muda kita, entrepreneur kita yang bergerak di bidang ekspor,” kata Puspayoga.

Ekspor biji kakao dengan nilai sekitar Rp 2,7 miliar ini dilakukan oleh seorang entrepreneur muda bernama Gary Syafwan, exportir PT Bijie Kopi Nusaprima. Nantinya jumlah yang akan dikirimkan sebanyak 2 kontainer atau sejumlah 36 ton. Biji kopinya pun berjenis Arabika yang berasal dari Aceh-Gayo.

Selain mendapat apresiasi dari Menkop UKM, apresiasi yang luar biasa juga disampaikan Syafrudin selaku Ketua Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI) terhadap eksportir muda ini. “Ini eksportirnya seorang anak muda yang luar biasa menjadi eksportir kopi Indonesia ke mancanegara,” ujarnya.

Menurut dia, ini juga merupakan satu stimulan pendorong untuk pengusaha muda agar bergerak di bidang perkopian, baik di hulu maupun hilir. Peluang usaha kopi baik hulu maupun hilir pun dinilainya sangat menjanjikan melihat saat ini perkembangan pasar cukup menarik dan meningkat baik dari segi harga maupun permintaan.

Apalagi event-event promosi untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi nusantara memang sudah banyak digelar. Kali ini, acara “SMESCO Rembug Kopi Nusantara” yang berlangsung pada 11-13 Oktober 2017 berjalan begitu meriah dan ramai didatangi para pengungung dari berbagai kalangan seperti pelaku usaha, eksportir, importir, pecinta dan penikmat kopi, dan lainnya.

Melalui acara yang bertemakan “Drink Coffee Wear Batik” ini, Direktur Utama LPP-KUKM, Emilia Suhaimi berharap adanya acara ini akan dapat memberikan pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas. ***HB, NM

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id