Menu
SAJIAN ISI

Minamas Gelontorkan Rp3 Miliar untuk Karhutla

Minamas Gelontorkan  Rp3 Miliar untuk Karhutla

Roslin Azmy Hassan, Head Plantation Operations Minamas Plantation mengatakan, dalam 3 tahun terakhir Minamas telah mengeluarkan anggaran Rp3 miliar untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Upaya pencegahan kebakaran tersebut difokuskan di kawasan perkebunan yang berada di sekitar lokasi perusahaan.

Sejak tahun 2015 ketika dampak El Nino yang menyebabkan kebakaran, Minamas mengambil inisiatif untuk bekerjasama dengan masyarakat setempat melakukan program Desa Mandiri Cegah Api (DMCA). "Kini tidak ada kebakaran di area kami tersebut karena sekarang saya rasa masyarakat sudah tahu keburukan open burning,” kata Roslin.

Sampai saat ini, Minamas telah membangun 72 menara api yang tersebar di beberapa lokasi unit usaha (Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi) untuk menanggulangi kebakaran. Pemantauan dilakukan setiap hari melalui sistem Plantation Location Intelligent Universal Management (PLATINUM) dengan menggunakan data dari satelit.

“Kami aktif dalam CSR dan melibatkan diri dalam program cegah kebakaran mandiri. Dengan harapan para petani dan penduduk di kawasan tersebut tahu cara memproduksi kebun tanpa membakar dalam aktivitas pertanian yang mereka lakukan,” ungkap Roslin.

Pencegahan karhutla tersebut diimplementasikan melalui program pencegahan kebakaran berbasis desa dengan menggandeng tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Riau (LPPM -UR), Universitas Lambung Mangkurat (LPPM- ULM), Universitas Jambi (LPPM- UNJA)

"Perpanjangan program ini terus dilakukan dan saat ini kerjasama dengan Universitas Sriwijaya akan dilakukan di 5 desa baru yang akan mendapatkan pendampingan," ujar Roslin. 

Berkat upaya pencegahan karhutla dan upaya pelestarian lingkungan tersebut, Minamas telah dianugerahi penghargaan "National Zero Accident Award" untuk 17 unit operasi pada tahun 2018. 

Saat ini 22 anak perusahaan Minamas telah disertifikasi ISPO dan RSPO, satu sisanya dalam proses mendapatkan sertifikat ISPO serta telah menyelesaikan proses audit yang diwajibkan oleh lembaga sertifikasi RSPO.  ***NM

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id