Menu
SAJIAN ISI

Ekspedisi Kopi Nusantara Pada 8 – 20 Agustus 2018

Ekspedisi Kopi Nusantara Pada 8 – 20 Agustus 2018

Dalam rangka lebih mengenalkan dan memasarkan varian kopi Indonesia, khususnya kopi Papua, komunitas Kopi dan Pariwisata yang didukung oleh Dewan Kopi Indonesia (Dekopi), Association Sales Travel Indonesia (Asati) dan Indonesia Diaspora Network (IDN) SME Export Empowerment & Development menyelenggarakan kegiatan Ekspedisi Kopi Nusantara, yang akan dimulai di Wamena Papua pada 8-20 Agustus 2018.

Anton Apriyantono sebagai Ketua Pelaksana Program yang juga Ketua Umum Dekopi, menjelaskan bahwa Ekspedisi Kopi Nusantara merupakan program kegiatan pendokumentasian keragaman kopi Indonesia sekaligus pencitraan parawisata eksotisme kopi mulai dari kebun sampai ke secangkir kopi serta pariwisata keliling perkebunan kopi.

“Kopi di Indonesia, terutama dikenal dengan 2 jenis (spesies) yaitu Arabika dan Robusta, sementara daerah penghasil utama kopi terbaik di Indonesia untuk jenis Arabika adalah Aceh Gayo (Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues), Sumatera Utara (Lintongnihuta, Mandailing, dan Sidikalang), Jawa Tengah (Temanggung, Ungaran), Jawa Barat (Gunung Puntang, Malabar, Garut), Jawa Timur (Malang, Jember, Jampit), Flores (Bajawa, Manggarai), Sulawesi (Toraja dan Kalosi, Kabupaten Enrekang), Papua (Wamena) dan Bali (Kintamani). Sedangkan untuk penghasil kopi jenis Robusta ada di Lampung (Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus), Bengkulu dan Sumatera Selatan,” papar Menteri Pertanian RI 2004-2009.  

Niniek Sadmojo (Dubes RI untuk Columbia 2012-2017) menambahkan,  keberadaan varian tanaman kopi Indonesia dari Aceh sampai Papua merupakan kelebihan kopi Indonesia dibandingkan dengan kopi dari negara-negara penghasil kopi terbesar dunia, seperti Columbia dan Brazil.

Kegiatan diawali dengan Pencanangan Program berupa Ekspedisi Pendakian dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Trikora pada Hari Kemerdekaan RI ke- 73 (Pada 17 Agustus 2018) disertai dengan Coffee Trip (Wisata Kunjungan) ke kebun Kopi di Wamena – Papua serta partisipasi dalam event Festival Lembah Baliem. ***NM'

 

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id