Menu
SAJIAN ISI

MENRISTEKDIKTI Resmikan Perpustakaan Instiper

MENRISTEKDIKTI Resmikan Perpustakaan Instiper

Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir meresmikan gedung perpustakaan Instiper. Gedung megah berlantai 3 dengan luas total 3.215 m2 ini diperuntukkan bagi sivitas akademika INSTIPER maupun masyarakat umum dalam mencari buku, artikel, dan jurnal ilmiah.

Peresmian Gedung perpustakaan Instiper ditandai dengan pemotongan buntal dan penandatangan prasasti oleh Menristekdikti, sekaligus meninjau gallery perkebunan yang sedang dikembangkan Instiper.

Rektor INSTIPER, Dr. Purwadi mengatakan, Instiper terus mengembangan gallery perkebunan Indonesia sebagai pendukung dalam menyiapkan model pendidikan tinggi 4.0 sekaligus pengembangan Politeknik Perkebunan Stiper Yogyakarta, yaitu program pendidikan sarjana terapan bidang perkebunan dan industri serta bisnisnya. Untuk awal pendirian direncanakan ada 3 jurusan yaitu: Agroteknologi Kelapa Sawit, Teknologi Kelapa Sawit, dan Agroindustri Kopi.

Selain mengembangkan Gallery Perkebunan pada saat ini INSTIPER juga menyiapkan Model Pendidikan Tinggi 4.0 dan juga rencana pengembangan pendidikan tinggi yang baru yaitu Politeknik Perkebunan Stiper Yogyakarta, yaitu program pendidikan sarjana terapan bidang perkebunan dan industri serta bisnisnya.

"Untuk awal pendirian direncanakan ada 3 jurusan yaitu: Agroteknologi Kelapa Sawit, Teknologi Kelapa Sawit, dan Agroindustri Kopi. Selanjutnya akan ditambah untuk komoditas teh, kakao, dan gula,” kata Purwadi di Yogyakarta, 18/3 2019.

Purwadi menambahkan, pendidikan ini memiliki ciri khas INSTIPER dengan platform yang baru baik dalam model pendidikan dan proses pendidikannya seperti kurikulum khas INSTIPER dan desain pembelajaran yang juga khas.

"Semua ini disiapkan INSTIER untuk menyongsong era baru model pendidikan kompetensi dengan memanfaatkan teknologi terkini sesuai dengan kebutuhan kompetensi yang dibutuhkan di era industry 4.0 serta dirancang untuk Mahasiswa generasi milenial. Pada awal pembukaannya program pendidikan ini akan diisi mahasiswa beasiswa dari perusahaan," jelasnya.

Menurut Purwadi, pada model pendidikan yang tengah dikembangkan INSTIPER ini, mahasiswa akan menjalani kurikulum blok dan system ME-ME yang tidak mengenal istilah DO (drop out). Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah di suatu blok dan pengambilan blok-nya pun tidak harus urut. Mahasiswa yang mengambil suatu blok akan mendapatkan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai bukti bahwa dirinya telah lulus pada blok yang diambilnya tersebut.

"Mahasiswa tidak harus menjalani pendidikan sepanjang waktu, bias saja mahasiswa yang telah lulus kompetensi tertentu kemudian melanjutkan bekerja, dan jika ingin melanjutkan kuliah lagi bisa langsung mengambil blok lain yang belum ditempuhnya," urainya.

Untuk memudahkan mahasiswa yang mengambil pendidikan ini sambil tetap bekerja, maka model pendidikan ini akan menggunakan model pembelajaran online (daring) menggunakan platform Google Enterprise for Education dengan bekerjasama dengan Google Indonesia. "Mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan semua blok akan dinyatakan lulus dan dapat memperoleh Ijazah Sarjana Terapan," kata Purwadi.

Betti Yuniasih, Humas INSTIPER menambahkan, selain meresmikan gedung perpustakaan, Menristekdikti beserta rombongan berkesempatan untuk meninjau Gallery Perkebunan yang sedang dikembangkan INSTIPER sebagai pusat informasi dan pengetahuan tentang Perkebunan di Indonesia.

Menurut Betti, lantai basement Gedung Perpustakaan pada saat ini dikembangkan sebagai Gallery Perkebunan. Gallery Perkebunan tersebut nantinya akan menjadi salah satu pusat informasi dan pengetahuan tentang budidaya, komoditas, dan pengembangan teknologi di bidang perkebunan di Indonesia.

"Terdapat berbagai komoditas perkebunan yang nantinya akan ditampilkan dalam Gallery Perkebunan tersebut seperti: kelapa sawit, kopi, kakao, karet, tebu, the, tembakau, cengkeh, lada, dan komoditas perkebunan lainnya. Hal ini dilakukan INSTIPER sebagai bukti totalitas INSTIPER yang memilih core competency pendidikan di bidang perkebunan dan kehutanan. Jika masyarakat Indonesia ingin mempelajari tentang perkebunan Indonesia cukup berkunjung ke INSTIPER Yogyakarta,” pungkasnya.

Menristekdikti buka Munas XI FL2MI
Musyawarah Nasional XI Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (Munas XI FL2MI) kali ini mengambil tema “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menghadapi Era Globalisasi untuk Mewujudkan Indonesia Emas yang Bermartabat”.

FL2MI merupkan wadah pemersatu Lembaga Legislatif Mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia yang memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan lembaga legislative mahasiswa di Indonesia. Forum yang berasaskan Pancasila ini bertujuan supaya terbina rasa kekeluargaan antara lembaga legislatif mahasiswa yang akademis dan mampu berkarya untuk pengabdian yang berketuhanan, bertanggungjawab, atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur.

Dalam sambutannya, Rektor INSTIPER, Dr. Purwadi mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa yang telah hadir dalam acara Munas XI FL2MI. Rektor juga menyampaikan pesan kepada para mahasiswa “INSTIPER sangat mendukung kegiatan positif mahasiswa, seperti Musyawarah Nasional Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia ini.

Rektor menambahkan, melalui kegiatan berorganisasi mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran kritis dalam batasan masih berlandaskan Pancasila. Mahasiswa jangan sampai mengikuti kegiatan yang radikal dan harus selalu menjaga kebhinekaan dan merawat rasa kebangsaan.

Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D, Ak., berkesempatan membuka acara Munas XI FL2MI ini.

Moh. Nasir dalam paparannya menyampaikan, “Mahasiswa harus peka terhadap perubahan terutama di era revolusi industry 4.0 dimana lingkungan berubah dengan cepat. Mahasiswa juga harus cepat berubah dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Anak muda-lah yang harusnya lebih cepat merespon perubahan, karena mahasiswa merupakan salah satu agen perubahan yang diharapkan membawa perubahan yang positif dalam rangka mencerdaskan bangsa. Di tangan para pemuda dan pemudi ini, Bangsa Indonesia akan dibawa menuju Indonesia Emas yang bermartabat dengan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila".

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id