Menu
SAJIAN ISI

Kunjungan Industri dan Rapat Kerja Dosen Instiper

Kunjungan Industri dan Rapat Kerja Dosen Instiper

Tantangan dunia pendidikan tinggi saat ini tidak hanya berasal dari input mahasiswa yang merupakan generasi milenial, namun juga adanya revolusi industri generasi 4.0 dan tantangan dari dunia usaha dan industri yang akan memanfaatkan lulusan dari perguruan tinggi.

Memahami kondisi tersebut, INSTIPER mengajak seluruh dosennya untuk melakukan kunjungan industi ke pabrik downstream komoditas perkebunan yang telah memanfaatkan teknologi tinggi seperti artificial intelligence dan robotik untuk pengolahan produk-produknya.

Sebanyak 73 orang dosen INSTIPER Yogyakarta melakukan kunjungan industri dan rapat kerja dosen diSurabaya pada 22-24 Maret 2019. Kunjungan industri di beberapa pabrik yang telah memanfaatkan teknologi tinggi ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran nyata industri pengolahan komoditas perkebunan yang akan menyerap lulusan INSTIPER kelak. Dengan pengetahuan perkembangan di bidang industri, para dosen diharapkan mampu menyesuaikan materi kuliah dan cara perkuliahan sehingga lebih sesuai dengan dunia usaha dan industri saat ini. Saat mengajar, para dosen diharapkan mampu menghubungkan antara teori perkuliahan dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Kunjungan industri dosen INSTIPER dilakukan ke PT. Santos Jaya Abadi yang merupakan pabrik dari Kopi Kapal Api, PT. Wilmar Nabati Indonesia di Gresik yang merupakan pabrik pengolahanproduk turunan daricrude palm oil (CPO) kelapa sawit, dan kunjungan industri ke PT. Mega Surya Mas Sidoarjo yang juga pabrik pengolahan produk turunan CPO.

“Kunjungan industri dosen ke PT. Santos Jaya Abadi merupakan bukti nyata keseriusan INSTIPER untuk mengembangkan pendidikan kompetensi kopi di INSTIPER setelah sebelumnya pada (12/3) lalu, INSTIPER telah melakukan soft launcing Institut Sains Kopi Indonesia.

Kunjungan ke Kapal Apisekaligus membuka peluang kerjasama dengan dunia industri kopi. Hal ini sesuai dengan arahan Kemenristekdikti untuk perguruan tinggi bekerja sama dengan dunia industri. Hal ini juga telah dilakukan INSTIPER dalam mengembangkan kompetensi kelapa sawit yang bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan kelapa sawit di Indonesia”, jelas Betti Yuniasih, Humas INSTIPER.

Pada kunjungan dosen ke INSTIPER ke PT. Santos Jaya Abadi, dosen INSTIPER berkesempatan bertemu dan mendapat cerita kisah sukses dari Bapak Soedomo Mergonoto yang merupakan Direktur Utama Kapal Api. Soedomo menyampaikan,”Pada saat ini Kapal Api menjadi leader dalam insutri kopi di Indonesia dan mengolah 350 ton kopi per hari. Posisi ini kami peroleh karena kami memanfaatkan teknologi tinggi dalam pengolahannya. Kami perupakan perusahaan pertama di Indonesia yang membeli alat roasting kopi berteknologi tinggi dari Jerman. Inovasi dan keinginan untuk maju merupakan kunci kesuksesan dalam melakukan usaha”.

Sedangkan pada kunjungan industri ke PT. Wilmar Nabati Indonesia di Gresik dan PT. Mega Surya Mas di Sidoarjo, para dosen memperdalam pengetahuantentang industri pengolahan crude palm oil (CPO) dan turunannya. Pada kunjungan ke kedua lokasi tersebut, dosen mendapatkan informasi tentang perkembangan pengolahan produk turunan CPO yang telah memanfaatkan teknologi tinggi seperti pengolahan CPO untuk bahan bioavtur, biodiesel, dan produk turunan lainnya.

Pengolahan CPO akan meningkatkan nilai tambah dari CPO tersebut, semakin hilir produk yang dihasilkan maka akan semakin tinggi keuntungan yang bisa didapatkan daripada menjual produk tersebut dalam bentuk mentah seperti CPO.

Berdasarkan hasil kunjungan industri tersebut, para dosen melanjutkan rapat kerja dosen yang salah satunya membahas perkembangan INSTIPER saat ini yang telah beradaptasi menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dimana semua dosen juga harus cepat beradaptasi melalui peningkatan kompetensi dosen maupun maupun penyesuaian model perkuliahan yang ada.

Pada rapat kerja tersebut, Rektor INSTIPER, Dr. Purwadi mengajak semua dosen untuk peka terhadap semua perubahan yang ada. Kemenristekdikti telah memberikan kebijakan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 melalui penyesuaian kurikulum, peningkatan kapasitas dosen, dan peningkatan fasilitas laboratorium.

 

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id