Menu
SAJIAN ISI

Atasi Perbedaan Data, Kementerian Agraria dan Tata Ruang akan Buat Satu Peta Sawit

Atasi Perbedaan Data, Kementerian Agraria dan Tata Ruang akan Buat Satu Peta Sawit

JAKARTA, - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sofyan Djalil mengatakan pemerintah akan memperbaiki peta sawit Indonesia. Ini dilakukan untuk mengatasi perbedaan data terkait lahan sawit di antara lembaga-lembaga pemerintah.

"Sekarang ini kan data sawit kan beda-beda. Itu mau diverifikasi kenapa, harusnya kan faktanya satu, datanya satu," kata dia saat ditemui, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (10/5).

Data lahan sawit yang ada saat ini memang berbeda di antara satu lembaga pemerintah dengan lembaga yang lain, menurutnya, hal ini diakibatkan karena perbedaan metodologi maupun teknik pengambilan data yang digunakan.

Selama ini terdapat beberapa lembaga yang melakukan pendataan peta sawit, di antaranya LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), ada BIG (Badan Informasi Geospasial), Kementerian Kehutanan, Kementerian ATR (Agraria dan Tata Ruang), dan Kementerian Pertanian. Masing-masing lembaga menyesuaikan pada referensinya masing-masing sehingga terjadi perbedaan data.

Sementara saat ini untuk memperbaiki data lahan sawit nasional, pemerintah menugaskan kepada ATR bekerjasama dengan LAPAN dan BIG. Hal ini agar data yang dikeluarkan sama.

"Semua itu supaya mengkonsolidasikan dengan metode yang sama dengan teknik yang sama, informasi yang sama, pasti akan mengeluarkan data yang sama," imbuh dia.

Berdasarkan keputusan rapat koordinasi, lanjut Sofyan, Proses pembuatan satu peta sawit tersebut dicanangkan akan rampung pada akhir Agustus tahun ini

"Itu mereka berkomitmen semua akan diselesaikan oleh BIG dan Lapan, pada akhir bulan Agustus," tandasnya.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id