Menu
SAJIAN ISI

KTT ASEAN ke-34 di Bangkok Bahas Isu Diskriminasi Sawit

KTT ASEAN ke-34 di Bangkok Bahas Isu Diskriminasi Sawit

THAILAND — Isu diskriminasi sawit oleh Uni Eropa yang di antaranya merugikan Indonesia dan Malaysia menjadi salah satu hal yang dibahas dalam KTT ASEAN ke-34 di Bangkok.

Pada pertemuan itu, para kepala negara dan pemerintahan Asean akan membahas isu akses pasar dan perlakuan yang tidak adil terhadap minyak sawit lebih dalam sebagai upaya dukungan kepada para produsen sawit ASEAN.

"Kami menegaskan kembali dukungan bagi upaya negara-negara anggota untuk menangani keberlanjutan minyak sawit, termasuk ikatan berkelanjutan dengan pihak-pihak terkait," demikian pernyataan para pemimpin Asean dalam Chairman's Statement of the 34th Asean Summit.

Sebelumnya di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Asean ke-34, dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, kedua pemimpin memberikan perhatian terhadap CPO dan karet.

"Terkait CPO, Indonesia menyatakan apresiasi terhadap dukungan Thailand dalam upaya untuk memerangi diskriminasi di bidang CPO," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut dalam pertemuan.

Pemerintah juga menghargai dukungan Bangkok bagi karet Indonesia sehingga harga komoditas itu bisa meningkat lagi di pasar internasional. 
 
"Karena kita tahu Indonesia, Malaysia, dan Thailand merupakan produsen karet yang terbesar di dunia," sambung Retno.

 

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id