Menu
SAJIAN ISI

Kopi Jadi Kuliner Unggulan Andalan Pariwisata

Kopi Jadi Kuliner Unggulan Andalan Pariwisata Kopi Jadi Kuliner Unggulan Andalan Pariwisata

Indonesia menjadikan kopi sebagai  unggulan dalam mengembangkan industri kuliner, selain menjadi duta pariwisata. Menduduki posisi sebagai  produsen kopi dunia terbesar ke tiga setelah Brazil dan Kolombia, kopi Indonesia merupakan salah satu kopi terbaik di dunia.

"Salah satu dari industri kreatif yang tengah kita kembangkan adalah industri kuliner dan minuman yang kita unggulkan adalah kopi yang dapat menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke tanah air“ ungkap Sapta Nirwandar, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hari ini.

Sedikitnya satu juta wisman Eropa yang berkunjung ke Indonesia tahun lalu adalah pasar potensial mengingat kebiasaan mereka untuk minum kopi antara 3-5 kali per hari yaitu saat sarapan, pukul 10 pagi, usai makan siang, saat rehat sore dan setelah makan malam.

Banyaknya wisman Jepang, Cina dan Korea yang berkunjung ke Indonesia juga memberikan peluang besar untuk menjadi konsumen kopi Indonesia. Bangsa Asia yang dikenal  dengan tradisi dan budaya minum teh kini memiliki kebiasaan minum kopi pula. Menurut Sapta, dalam acara-acara promosi pariwisata RI  di luar negri maupun bursa-bursa pariwisata besar di dunia seperti ITB Berlin, Arab travel Fair dan bursa-bursa wisata lainnya di Eropa pihaknya selalu memperkenalkan beragam jenis kopi Indonesia dalam booth (stand) dan hasilnya selalu mendapat respons positif bahkan masyarakat yang hadir di event-event itu rela mengantri untuk mendapatkan secangkir kopi.

“Itulah sebabnya, salah satu sektor terbesar yang harus kita jual adalah kuliner dan dalam aktivitas pariwisata, kopi menjadi bagian penting dari industri kreatif," ungkap Sapta. Untuk semakin mengangkat kopi Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun mendukung Festival Kopi Indonesia pertama yang diberi tajuk Indonesian Coffee Festival 2012 di Ubud, Bali, pada 15-16 September 2012. Festival ini merupakan hasil kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemkab Gianyar, Kerajaan Ubud, Asosiasii Kopi Spesial Indonesia, Komunitas Kopi, dan Blogger Kopi. Nantinya, selain menampilkan kopi-kopi dari berbagai daerah di Indonesia, dalam festival juga cara mengolah dan menyajikan kopi khas Indonesia. (arh) sumber: http://www.bisnis.com

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id