Menu
SAJIAN ISI

Mencicipi Lezatnya Durian di Warso Farm

Durian di Warso Farm Durian di Warso Farm

Mencicipi buah durian di kebun durian tentu akan lain sensasinya dibandingkan kalau kita makan durian di pinggir jalan atau pun di rumah. Di kebun durian Warso Farm yang terletak di Bogor, Jabar, pengunjung dapat menyantap durian secara langsung. Udara yang sejuk serta suasana yang asri segera menyergap saat pengunjung mulai memasuki kawasan wisata alam ini. Replika buah durian serta buah naga berukuran raksasa siap menyambut ketika anda tiba di perkebunan yang memang didominasi oleh kebun buah durian serta kebun buah naga ini.

Tentu, bila anda termasuk penggila durian, bakal tak akan sabar untuk segera menikmati durian sekaligus menikmati indahnya kebun durian yang asri. Konsep agrowisata pada Kebun Durian Warso ini memang memiliki tujuan untuk menjaring wisatawan hingga jadi objek wisata yang menyenangkan, terlebih sebagai wisata keluarga.

Kebun Durian Warso dibangun sejak 7 tahun lalu oleh Soewarso Pawakan, seorang pensiunan anggota Korps Palat TNI AD di atas lahan seluas 8,5 hektar. Menurut pengakuan Warso, begitulah kolega purnawarawan TNI ini biasa disapa koleganya, ia membuat kebun ini untuk menghabiskan masa tua, menikmati, serta membaginya pada orang lain, dan sebagai pendidikan yang tidak harus didapat secara formal.

Kebun Durian Warso berada di Desa Cihideung, Kelurahan Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke tempat ini pun cukup mudah. Bila dari arah keluar pintu tol Ciawi, lalu menuju arah ke Sukabumi. 11 kilometer dari Ciawi, hingga Pasar Caringin. Kemudian belok ke kanan (silakan lihat petunjuk ke Warso Farm di sisi kiri).

Lalu dari Cijeruk-Caringin Raya, melewati Stasiun (Maseng) Caringin hingga pertigaan berjarak 4 km. Dari pertigaan Cipelang - Cijeruk, kemudian belok kanan, dan sekitar 3 km di sebelah kiri jalan, Anda sudah sampai di Kebun Durian Warso. Namun bila keluar dari pintu tol Bogor, lewat jalan Pajajaran ke arah Tajur. Di pertigaan (bunderan) Eka Lokasari, silakan ambil kanan ke Lawang Gintung. Di pertigaan Batu Tulis - Drs. Danasasmita, pilih kiri menuju ke Stasiun Batu Tulis. Lanjutkanlah menuju Jalan Ence Sumartadireja (Pamoyanan) - Cipicung - Palasari - Cipelang.

Di perkebunan ini sebenarnya terdapat berbagai macam tumbuhan yang dibudidayakan, seperti jambu, buah naga, manggis, dan sebagainya. Namun, hanya saja yang menjadi "maskot" di Warso Farm adalah durian.

Untuk yang tertarik ingin membuka kebun sendiri, di Warso Farm juga menjual bibit unggul yang terletak di seberang jalan. Harga bibitnya sekitar Rp30.000 per bibit. Harga satu buah durian lokal berkisar antara Rp50.000 hingga Rp60.000. Sedangkan, harga per kg buah duren monthong mencapai sekitar Rp40.000 dan harga per kg buah naga merah mencapai sekitar Rp25.000.

kebun durian ada saung surabiSaat mengelilingi Wisata alam Kebun Durian Warso, akan terlihat barisan pohon durian yang ditanam rapi berjarak tertentu yang sangat enak dilihat. Di antara tanaman durian, terhampar rumput hijau yang terawat rapi bak permadani yang menutup tanah, semakin menambah keasrian kebun Durian secara keseluruhan. Beragam jenis durian unggul baik lokal maupun luar negeri banyak ditanam di kebun ini.

Ada sekitar 900 pohon durian dengan 7 jenis unggulan, diantaranya adalah  petruk, sunan, tembaga, lay, monthong, dan simas. Simas merupakan variates asli Bogor yang memiliki daging kenyal berwarna kuning. Durian varietas 'bule' yang terkenal adalah durian monthong.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id