Menu
SAJIAN ISI

Minanga Group Tambah Pabrik Kelapa Sawit

Ilustrasi: Kelapa Sawit Ilustrasi: Kelapa Sawit

Minanga Group berencana untuk menambah pabrik kelapa sawit (PKS). Tahun depan, perusahaan itu bakal membangun satu PKS dengan kapasitas 30 ton tandan buah segar (TBS) per jam. PKS baru itu dimulai pembangunannya paling lambat semester II-2015 mendatang. Investasi untuk PKS baru itu diprediksikan mencapai Rp 100 miliar.

Menurut Mona Surya, Direktur Minanga Group, PKS baru ini akan dibangun di perkebunan sawit milik perusahaan yang berada di Kalimantan Timur (Kaltim). "Kebetulan kebun sawit di Kalimantan sudah menghasilkan, jadi harus segera dibangun PKS," ujarnya.

Perusahaan itu memang memiliki perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Timur yang luasnya mencapai 5.000 hektar (ha). Saat ini, pohon sawit di lokasi tersebut sudah berusia 4 – 5 tahun karena sudah ditanam sejak 2009-2010 lalu. Lantaran, tak mempunyai PKS sendiri di kawasan perkebunan tersebut, selama ini, produksi TBS yang dihasilkan lebih sering dijual ke pihak ketiga.

Dengan dibangunnya satu unit PKS ini, lanjut Mona, belum lama ini, jumlah pabrik pengolahan sawit yang dimiliki Minanga Grup tahun depan bakal menjadi tiga unit. Saat ini, Minanga Group telah memiliki dua unit PKS yang berlokasi di Baturaja, Sumatera Selatan, dengan kapasitas masing-masing 45 ton TBS per jam dan 60 ton TBS per jam.

Total areal perkebunan kelapa sawit Minanga Group mencapai 22.000 ha. Lokasi perkebunan sawit ini berada di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, dan Kalimantan Timur. Luas lahan di kawasan Sumatera Selatan dan Lampung mencapai 14.000 ha. Di Kutai Timur, Kaltim, seluas kebunnya 3.000 ha. Perusahaan juga membuka wilayah baru di Kaltim seluas 5.000 ha. Dari jumlah tersebut, seluruhnya berstatus tertanam.

Selain merencanakan menambah PKS baru, Minanga Group yang merupakan perusahaan revitalisasi dari Minanga Ogan Plantations itu juga telah menyelesaikan replanting pohon sawit sekitar 6.500 ha. Untuk replanting ini, setidaknya investasi yang harus dikeluarkan perusahaan mencapai Rp 40 juta per ha. *** SH

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id