Menu
SAJIAN ISI

Jumlah IUP Sawit Merosot

Jumlah IUP Sawit Merosot Jumlah IUP Sawit Merosot

Investor perkebunan sawit semakin tidak mudah mendapatkan Izin Usaha Perkebunan (IUP) dalam dua tahun terakhir. Kondisi itu disebabkan semakin ketatnya regulasi yang dijalankan pemerintah untuk pemberian izin baru. Data yang dikutip dari Ditjen Perkebunan menyebutkan, penerbitan IUP terus merosot dari 2012 hingga 2014. Banyaknya pengajuan jumlah IUP terjadi pada 2012 yang mencapai sebanyak 71 izin, dengan luas lahan kebun yang dibuka sebesar 662.976 hektar. Namun, jumlah ini anjlok menjadi 31 IUP dengan luas lahan sekitar 161.953 hektar.

Menurut Bambang Sadjuga, Direktur Pasca Panen dan Pembinaan Usaha, Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian, jika dilihat dari penurunan tersebut akibat dari peraturan yang membatasi seperti PP gambut.

Sekarang, penerbitan IUP dikeluarkan oleh kepala daerah seperti bupati dan gubenur. “Semenjak proses otonomi daerah kewenangan pemberian izin kami berikan kepada kepala daerah. Tugas kami hanyalah mengawasi proses pemberian dan pelaksanaan IUP,” kata Bambang, belum lama ini, di Jakarta..

Hanya masalahnya, pemerintah daerah kurang aktif dalam melaporkan penerbitan IUP di daerahnya masing-masing. Kalau berdasarkan aturan semestinya enam bulan sekali tetapi ini tidak berjalan baik. Walhasil, Kementerian Pertanian sulit menjalankan fungsi monitoring dan pengawasan. *** SH

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id