Menu
SAJIAN ISI

Program Beasiswa Minamas

Program Beasiswa Minamas Program Beasiswa Minamas

Baru-baru ini, 20 siswa berprestasi mendapatkan beasiswa melalui Program Beasiswa Minamas-Sime Darby 2015, di Jakarta. Program beasiswa tersebut memberikan peluang kepada anak Indonesia yang berprestasi namun tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri.

Beasiswa diberikan kepada 20 siswa berasal dari dua kategori. Kategori pertama adalah internal, yaitu siswa adalah anak karyawan dan warga sekitar kebun. Kategori kedua adalah eksternal atau umum, yaitu mahasiswa yang tengah melakukan studi di perguruan tinggi.

Seleksi penerimaan beasiswa berdasarkan prestasi akademis siswa. Untuk kategori internal, siswa adalah pelajar kelas tiga SMU IPA atau SMK rumpun Pertanian/Teknik. Salah satu penerima beasiswa kategori internal adalah Muchsan Sazali dari Riau Utara. Muchsan menyelesaikan sekolah menengah atas dengan nilai rata rata 8,6. Muchsan adalah putra seorang mess officer di kebun Tamiang, Aceh. Saat ini Muchsan melanjutkan studinya di Institut Pertanian Bogor, bidang Teknologi Manajemen Produksi Perkebunan.

Untuk kategori umum, salah satu penerima beasiswa kategori eksternal tahun ini adalah Dzikri Rahman, seorang mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Semarang. Dzikri adalah juara satu engineering debate competition di kampusnya.  

Penerima beasiswa akan melanjutkan studi di perguruan tinggi program S1 dan D3.  Perguruan tinggi yang menjadi sasaran adalah Universitas Diponegoro, Semarang; Universitas Lampung, Bandar Lampung; Universitas Tanjung Pura, Pontianak; Universitas Sebelas Maret, Surakarta; dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Penerima beasiswa juga langsung dijamin dapat bekerja di Minamas setelah mereka menyelesaikan studinya. Program beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, buku dan tunjangan tesis, tunjangan komputer serta biaya wisuda.

Minamas Plantation meyakini bahwa pendidikan merupakan kebutuhan utama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. “Saat ini sangatlah penting bagi generasi muda untuk mendapatkan kebutuhan pendidikan agar mampu bertahan. Untuk itu kami, memberikan beasiswa kepada 20 pelajar dalam bentuk dukungan finansial, pelatihan kepemimpinan serta bimbingan dan dukungan sosial. Berbagai dukungan yang akan diterima para siswa ini akan menjadikan mereka nantinya sarjana yang siap menjadi pemimpin masa depan,” papar Presdir  Minamas Plantation, Mohd Ghozali Yahaya.

Menurut Ghozali, pihaknya percaya bahwa dana yang dikeluarkan adalah suatu bentuk investasi dalam pengabdian membangun Indonesia ke depan. “Kami bersyukur bagi para penerima beasiswa yang mendapatkan dukungan studi kali ini karena selain merupakan investasi bagi masa depan pemuda dengan prestasi, namun juga membangun kekuatan ekonomi dan meningkatkan daya saing bangsa.”
 
Zebua, salah satu penerima beasiswa asal Pekanbaru, Riau, terinspirasi untuk terus melanjutkan kuliah ke jenjang berikutnya dengan adanya beasiswa ini. “Saya berharap beasiswa ini terus berkembang hingga saatnya saya mengikuti ikatan dinas dan dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi,” ujar siswa yang saat ini tengah studi program Teknik Produksi dan Manajemen Perkebunan di IPB ini.

Bagus, Direktur Program Diploma IPB mengakui, program beasiswa ini sangat bermanfaat, khususnya bagi mereka yang kurang mampu dan berasal dari luar daerah. Bagus berharap beasiswa ini akan lebih luas jangkauannya. “Manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat, khususnya yang kurang mampu untuk kuliah dan berada di luar daerah. Saya berharap ke depan program beasiswa ini bertambah jumlahnya dan meluas wilayah cakupannya,” katanya.
    
Program beasiswa ini dimulai sejak tahun 2009. Dana yang dihibahkan dalam program beasiswa ini senilai hampir Rp20 miliar. Jumlah penerima beasiswa sejauh ini 200 siswa lebih dengan anggaran beasiswa sekitar Rp90 juta tiap tahun selama kuliah berlangsung. *** AP

1 comment

  • Ahmad Zaky Anwar Makarim
    Ahmad Zaky Anwar Makarim Sabtu, 21 February 2015 12:39 Comment Link

    Buat tahun 2015, masih dibuka pendaftaran beasiswa nya kak,,?

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id