Menu
SAJIAN ISI

Durian Khas Banyuwangi Daging Buahnya Merah

Durian Khas Banyuwangi Daging Buahnya Merah

Buah tropis yang mempunyai bau khas yang harum dan berkulit tajam ini, umumnya daging buahnya bewarna kuning atau putih. Tapi tidak demikian dengan durian khas Banyuwangi, Jawa Timur ini. Meski kulit buahnya serupa dengan durian lainnya, tapi daging buah durian Banyuwangi ini bewarna merah.

Durian merah atau sering pula dikenal dengan sebutan Duren Abang ini bisa dijumpai di Desa Kamiren, Banyuwangi, Jawa Timur. Ternyata durian ini merupakan salah satu buah durian yang menjadi unggulan Provinsi Jawa Timur, khususnya Banyuwangi. Oleh karena itu, banyak para penggemar buah durian baik dari Jawa Timur maupun di luar provinsi ini rela datang hanya untuk menikmati buah durian merah ini.

Durian yang nama latinnya Durio graveolens dari Banyuwangi ini memiliki ciri daging buah yang bewarna merah. Berbeda dengan durian pada umumnya, biji durian merah lebih kecil dan daging buahnya pun lebih tebal dan lebih manis. Kadar alkoholnya pun lebih rendah dan aroma buah lebih menyengat. Untuk ukuran, buah ini berukuran sedang atau sedikit lebih kecil dibanding durian lain. Warna kulit buah tidak berbeda dengan buah durian lainnya, yakni bewarna kuning.

Cara hidup durian ini sama seperti buah durian lainnya, tumbuh di daerah tropis pada ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut. Namun,  waktu berbuah durian merah tidak menentu, tidak bisa dipastikan kapan durian ini berbuah. Yang pasti durian merah hanya berbuah sekali dalam setahun.
 
Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi, Eko Mulyanto menjelaskan, dari waktu ke waktu Duren Abang ini mulai banyak ditemukan di beberapa tempat. Awalnya memang ditemukan satu pohon di Desa Kemiren.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id