Menu
SAJIAN ISI

Maruli Gultom, Tokoh dan Pelaku Industri Kelapa Sawit

Maruli Gultom, Tokoh dan Pelaku Industri Kelapa Sawit

RSPO Tidak Untungkan Bagi Kepentingan Sawit Indonesia

Berawal dari bawah dengan ketekunan, tanggung jawab, dan kejujuran, Maruli Gultom meniti kariernya. Selepas meraih gelar sarjana, ia duduk sebagai Kepala Pabrik Honda yang tak segan menanamkan sikap trust dan pendelegasian wewenang pada bawahannya.

Berkecimpung di dunia otomotif selama puluhan tahun membuat nama pria kelahiran Sipirok, Sumut, 23 April 1947 ini kian melambung. Sejumlah jabatan penting pernah  ia duduki di anak perusahaan PT Astra, seperti PT Non Ferindo Utama, PT Non Ferindo Utama Al Aloy, dan PT Nusa Keihin Indonesia. Di tiga perusahaan tersebut, ia menjabat sebagai Presiden Direktur yang kemudian mengantarkannya sebagai CEO sebuah perusahaan perkebunan, PT Astra Agro Lestari, Tbk.

petani sawit indonesiaMenurut dia, kesuksesannya tidak serta merta berhasil ia raih begitu saja. Namun berkat kesuksesannya tersebut, ia meraih penghargaan “Top Ten Best CEO” sebagai gambaran bahwa melalui tips suksesnya ia berhasil membawa nama perusahaan semakin berkibar.

Berawal dari Universitas Kristen Indonesia, nama pria yang kerap disapa Maruli ini kemudian menjabat sebagai rektor di almamaternya pada 2008. Semasa kuliah, ayah dari empat anak ini tak hanya aktif dalam bidang perkuliahan, namun ia juga aktif dalam organisasi dan bekerja sambilan sebagai mekanik di PT Astra, Inc.

Ia pernah bergabung dengan Laskar Ampera Arief Rahman Hakim (1966-1972), menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Mahasiswa UKI (1975-1976), hingga menjadi Ketua IKB Laskar Ampera Arif Rahman Hakim (1983-1984).

Menjabat sebagai Rektor Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, beberapa waktu lalu, namanya sempat diekspos media massa lantaran dirinya membubarkan acara diskusi yang bertajuk skandal Century yang digelar di kantin UKI Jakarta.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Archipelago edisi Januari 2015. Dapat diperoleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id