Menu
SAJIAN ISI

Sawit Layak Ditetapkan Sebagai Komoditas Strategis

hortus edisi desember 2015Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) meminta pemerintah agar menetapkan kelapa sawit sebagai komoditas strategis. Alasannya, sawit punya peran yang signifikan dalam hal penyerapan tenaga kerja, pemberantasan kemiskinan, pembangunan daerah dan penghasilan devisa yang terbesar.

Untuk ke-11 kalinya, Gapki kembali menggelar konferensi internasional tahunan tentang minyak kelapa sawit. Kalau tahun lalu,  Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) dihelat di Bandung maka tahun ini diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. Dibuka oleh Wapres Jusuf Kalla, Kamis (26/11),  11th IPOC 2015 and 2016 Price Outlook tersebut dihadiri tak kurang dari 1.500 peserta, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam sambutannya pada pembukaan konferensi tersebut, Ketua Umum Gapki Joko Supriyono mengemukakan, industri sawit di negara ini memiliki peran yang cukup signifikan dalam sejumlah aspek.  

Pertama, industri sawit mampu berkontribusi besar bagi perekonomian negara. Kedua, dari segi penyerapan tenaga kerja, industri membuka lapangan kerja kepada 4 juta kepala keluarga di mana sekitar 16 juta orang mengandalkan hidup dari industri sawit. Ketiga, industri sawit mampu mengentaskan kemiskinan di pedesaan.

Keempat, kelapa sawit punya peranan penting dalam membantu pemerataan pembangunan daerah karena perkebunan sawit banyak dibuka di luar Pulau Jawa. Alhasil, sejauh ini banyak provinsi dan kabupaten baru yang terbentuk di luar Jawa, yang awalnya berasalnya dari perkebunan kelapa sawit.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS edisi Desember 2015. Dapat diperoleh di toko buku Gramedia terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id