Menu
SAJIAN ISI

Pelajar Peserta Raimuna XI Antusias Ikuti Edukasi Sawit

Pelajar Peserta Raimuna XI Antusias Ikuti Edukasi Sawit

Edukasi sawit di kalangan pelajar/pramuka peserta Raimuna XI di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, 14-19 Agustus 2017, yang dilaksanakan DMSI (Dewan Minyak Sawit Indonesia) bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) berjalan dengan baik dan sukses.

Maraknya kampanye negatif sawit yang telah merambah hingga dunia pendidikan sehingga image industri sawit identik dengan penggundulan hutan dan pemusnah habitat hewan langka, telah mendorong BPDP-KS untuk meluruskan stigma yang tidak benar dan sangat menyudutkan keberadaan komoditas perkebunan tersebut.

Dengan menggandeng DMSI, BPDP-KS pun memberikan pembekalan sekaligus wawasan dan pengetahuan yang benar tentang komoditas kelapa sawit kepada para pelajar yang menjadi peserta Raimuna XI di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, selama kurang lebih 6 hari.  

Adapun materi yang disampaikan tersebut, antara lain menyangkut  pengenalan minyak sawit dan turunannya; menyadarkan/memberikan fakta bahwa kelapa sawit adalah tanaman hutan bukan tanaman semusim; memberikan informasi seluas-luasnya akan manfaat kelapa sawit dalam kehidupan sehari-hari, serta manfaat kelapa sawit dalam sosial ekonomi masyarakat (peran dalam mensejahterakan masyarakat, mengentaskan kemiskinan dan motor penggerak ekonomi daerah).

Selain itu juga memberikan informasi seluas-luasnya akan pembangunan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan dan perannya untuk pelestarian lingkungan (memanfaatkan lahan yang terdegradasi dan mengurangi gas rumah kaca); memberikan informasi seluas-luasnya akan manfaat kelapa sawit sebagai sumber energi terbarukan yang merupakan energi masa depan; serta membentuk opini dan citra positif industri kelapa sawit Indonesia di dunia pendidikan.

Para peserta edukasi sangat antusias mengikuti setiap materi edukasi yang diberikan oleh para mentor yang juga merupakan staf DMSI dan asosiasi anggota DMSI.  Kondisi seperti itu bisa terwujud lantaran pelaksanaan edukasi sawit ini tidak dilakukan secara monoton, melainkan juga dikemas dengan pemutaran video “Sustainability Above Other”, dilanjutkan dengan kuis yang memberikan hadiah-hadiah menarik. Para peserta juga di setiap akhir sesi diajak untuk menggaungkan yel-yel “Kelapa Sawit, Nomor Satu di Indonesia dan Luar Biasa”. BPDP-KS juga membuka Sanggar “Renewable Energy” di lokasi itu untuk menarik minat pengunjung.

Dari hasil pengamatan, stigma sawit sebagai perusak hutan masih sangat melekat di benak para Pramuka yang mengikuti edukasi sawit. Hal ini terdeteksi dengan banyaknya pandangan negatif dan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Serta masih banyak dari mereka yang tidak mengetahui bahwa produk-produk yang mereka gunakan setiap hari mengandung sawit. Mereka juga tidak pernah tahu bahwa sawit sangat efektif dalam produksi dan penggunaan lahan serta dimanfaatkan sebagai energi.

Setelah pemberian materi dan para mentor menjawab seluruh pertanyaan dari peserta dengan dibantu oleh para pengawas, seluruh peserta dapat menerima dan memahami fakta di lapangan tentang kelapa sawit dan banyak di antara mereka tertarik untuk bisa menjadi petani, bahkan pengusaha kelapa sawit.

Kegiatan promosi dan edukasi dini kepada pelajar melalui kegiatan Raimuna ini dinilai sukses dan diharapkan ke depan dapat terus dilaksanakan. Total peserta tercatat lebih dari 2.207 orang, mayoritas adalah pelajar pramuka.****

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id