Menu
SAJIAN ISI

Sejak 2009, Manggis Asal Banyuwangi Masuk China

Manggis asal Banyuwangi Manggis asal Banyuwangi

Buah manggis asal Banyuwangi mampu menembus pasar China sejak tahun 2009. Kini, tak hanya China, Jepang, Thailand, Singapura dan beberapa negara lain menjadi incaran komoditas hortikultura ini. Sudah cukup lama Trenggalek, dan juga Kabupaten Banyuwangi dikenal sebagai sentra produksi manggis terbesar di Jawa Timur.  Bahkan buah manggis asal Banyuwangi merupakan pemasok utama bagi pasar modern di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar dan beberapa kawasan lain di Indonesia.

Tak sebatas itu, manggis Banyuwangi juga mampu menembus pasar ekspor. Di antaranya China, Taiwan, Singapura dan Timur Tengah. Sementara sentra kawasan manggis di Banyuwangi sendiri tersebar di 7 Kecamatan. Di antaranya adalah Kecamatan Kalipuro, Songgon, Sempu, Glenmore, Licin, Glagah dan Giri. Dengan rata-rata produksi bisa mencapai 17.289 ton per tahun dengan masa panen Januari-Juni.

Menurut data Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Banyuwangi, buah manggis produksi setempat telah diekspor rutin ke Jepang dan Thailand. Meski hanya per musim, namun kuantitas ekspornya mencapai 2 kontainer atau sekitar 40 ton.

Abdul Rohim, Ketua Kelompok Tani Buah Manggis di Dusun Krajan Desa Pesucen, Kecamatan Kalipuro menjelaskan, selama ini manggis dari Pesucen paling banyak diekspor ke Tiongkok.
Setidaknya setiap bulan 1 hingga 1,8 ton buah manggis bisa dikirim ke Negeri Tirai Bambu itu melalui eksportir di Bandung. “Selain Tiongkok, Singapura dan Uni Emirat Arab juga menjadi tujuan ekspor manggis,” katanya.

Selain itu, lanjut Rohim, petani manggis di daerahnya juga banyak diuntungkan dari harga manggis yang tinggi. Untuk manggis ekspor misalnya, petani menikmati harga lebih dari  Rp20.000 per kilogram dari pengepul. Sedangkan untuk pasar lokal, Rp10.000 per kilogram.

Banyuwangi menjadi sentra manggis di Jawa Timur dengan total produksi sebanyak 20.199 ton pada 2013. Sebesar 40% atau sekitar 9 ribu ton dari produksi dikirim ke luar negeri. Luasan tanaman manggis di Banyuwangi mencapai 1.590,5 hektar, yang tersebar di 6 kecamatan yakni Kalipuro, Glagah, Licin, Songgon, Sempu, dan Glenmore. Dari 6 wilayah itu, 60% produksi manggis disumbang oleh Kecamatan Kalipuro.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id