Menu
SAJIAN ISI

PTPN X Ekspor Buncis ke Jepang

Ekspor Buncis Ekspor Buncis

Melalui anak perusahaannya, PTPN X belum lama ini mulai mengekspor sayuran buncis ke Jepang. Ekspor produk hortikultura ini beroleh sambutan hangat.PT Perkebunan Nusantara X (Persero) atau PTPN X melalui anak usahanya, PT Mitratani Dua Tujuh, mengekspor sayuran buncis ke Jepang. Kegiatan anak perusahaan BUMN Perkebunan ini melengkapi ekspor yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu ekspor kedelai edamame serta okra ke Jepang, Eropa, dan sejumlah negara lain di Timur Tengah.

Dalam penjelasannya, Direktur PT Mitratani Dua Tujuh, Wasis Pramono mengatakan, pihaknya sudah melakukan riset pengembangan tanaman buncis dalam setahun terakhir. Sejumlah varietas coba dikembangkan sembari memetakan kebutuhan pasar ekspor, termasuk Jepang yang mempunyai permintaan tinggi terhadap makanan sehat.

”Pasar Jepang sudah melihat sampel komoditas buncis kami, dan merasa sudah cocok. Higienitasnya sesuai standar Jepang yang sangat tinggi,” ungkap Wasis.

Ditambahkan, pada tahap awal, dari hasil riset pengembangan yang dilakukannya, Mitratani melakukan panen perdana lebih dari 80 ton buncis, serta langsung diekspor ke Jepang mulai September 2014.

Menurut Wasis, karena sampel kualitas komoditas sudah diterima sejumlah mitra di Jepang, pemasaran buncis akan lebih mudah. "Kalau sudah standarnya diterima, permintaan akan lebih tinggi. Prinsipnya, pihak Jepang siap menerima berapa pun jumlah produksi buncis kami. Buncis akan menjadi salah satu andalan diversifikasi produk ekspor kami yang selama ini banyak didominasi produk edamame dan okra," papar dia.

Mitratani sendiri selama ini dikenal sebagai produsen sayuran beku untuk ekspor. Komoditas yang dihasilkan adalah kedelai edamame, mukimame, edatski, dan okra. Sekitar 80% produk ekspor perusahaan terkonsentrasi ke Jepang. Tahun ini, Mitratani menargetkan ekspor sekitar 6.700 ton produk edamame. Adapun ekspor komoditas okra ditargetkan 1.500 ton.

”Saat ini kami menggarap lahan seluas 1.100 hektar di Jember dan Bondowoso, Jawa Timur,” tambahnya.

Dia mengatakan, pihaknya mempunyai 22 mitra konsumen besar di Jepang yang secara rutin membeli banyak komoditas dari Mitratani. Para mitra itu terdiri atas produsen makanan olahan, distributor ritel modern, hingga penyuplai makanan untuk hotel dan restoran mewah di Jepang.

Untuk pengembangan, selain buncis, Mitratani tengah mengembangkan komoditas talas jepang (satoimo/colocasia esculenta) dan ketela rambat varietas beniazuma yang akan diekspor ke Jepang. ”Sudah kami uji coba tanam dan sudah survei pasar di Jepang. Prospeknya cukup bagus,” ujar Wasis. *** AP

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id