Menu
SAJIAN ISI

Program Hilirisasi Sawit Dipertanyakan

Program Hilirisasi Sawit Dipertanyakan

Program hilirisasi kelapa sawit yang telah dicanangkan pemerintah terus dipertanyakan. Pasalnya hingga saat ini belum ada kebijakan baru yang sifatnya inovatif untuk mendapatkan nilai tambah dari industri hilir. Akibatnya, ekspor produk hilir sawit pada 2015 diperkirakan stagnan karena pelaku usaha lebih berminat menjual CPO daripada diolah. Kondisi ini membuat harga CPO di pasar dunia terus terpuruk karena kebanjiran suplai.

Perkembangan industri hilir kelapa sawit  yang berjalan lebih dari tiga tahun ternyata tak berjalan sesuai harapan. Pelaku industri hilir pun masih enggan meningkatkan kapasitas produksinya.

Bahkan, kata Sahat Sinaga, Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), tahun ini jumlah pembangunan refinery baru untuk sementara tidak ada. Pasalnya, kapasitas refinery sudah memenuhi kebutuhan domestik.

Menurut Sahat, awalnya kebijakan hilirisasi kelapa sawit salah satunya ditopang dengan pengenaan tarif bea keluar (BK). Namun, seiring turunnya harga minyak mentah dunia, yang turut mempengaruhi harga harga minyak sawit global, kebijakan BK tak lagi berarti. Apalagi, beberapa bulan ini tarif BK cenderung 0%, sebab harga CPO di bawah harga patokan pengenaan BK, yakni US$ 750 per ton.

Situasi ini, menurut Sahat,membuat eksportir lebih menyukai penjualan minyak sawit daripada produk olahan CPO atau Processed Palm Oil (PPO).

Tidak dapat dipungkiri program hilir sawit bertumpu pada dua aspek, yang terdiri dari pengenaan BK yang tinggi pada produk hulu dan progresif turun kepada produk lebih hilir. Aspek berikutnya, insentif dalam bentuk tax holiday untuk investasi industri hilir sawit lebih dari Rp 1 triliun dan tax allowance bagi investasi yang berada di luar Pulau Sumatera dan Jawa.

Selengkapnya baca di majalah HORTUS Archipelago edisi Maret 2015. Dapat diperoleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id