Menu
SAJIAN ISI

Pemerintah Wacanakan Buka Sawit di Perbatasan

Pemerintah Wacanakan Buka Sawit di Perbatasan

Pemerintah merencanakan pengembangkan kelapa sawit di area perbatasan Kalimantan dan Malaysia. Bahkan, pemerintah tengah menyiapkan penerbitan hak guna usaha (HGU)  seluas 1 juta hektar di wilayah Kalimantan Tengah dan Utara yang diharapkan rampung akhir tahun ini.

Untuk itu, Kementerian Pertanian (Kementan) akan melakukan koordinasi dengan kementerian terkait dalam mendukung dan membangun sektor infrastruktur serta pertanian di daerah perbatasan. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengemukakan, daerah perbatasan baik dari segi infrastruktur dan pertaniannya masih belum optimal, meski negara tetangga di daerah perbatasan sangat memperhatikan akses infrastrukturnya.

 "Jadi konsepnya begini, negara tetangga kita infrastrukturnya baik. Nah kita kalau bangun infrastruktur harus ada sinergi dengan lintas kementerian," jelas Mentan, baru-baru ini, di Kabupaten Siak, Riau.

Amran menambahkan, kerja sama tersebut akan menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Agraria. "Adapun kerja sama yang terlaksana yakni menanam kelapa sawit untuk para petani di daerah perbatasan. Selagi menanam sawit kami akan bangun infrastruktur. Intinya tujuan pemerintah adalah mendorong daerah perbatasan," paparnya.

Lantas, ia menambahkan, proses administrasi pembebasan lahan berupa hak guna usaha (HGU) program tersebut akan rampung pada tahun 2015 ini juga. Ia megatakan, "Kami bersama kementerian lain akan segera memulai penanaman sawit di daerah perbatasan. Tahun ini rampung untuk administrasi HGU. Dengan demikian kita bisa bangun daerah perbatasan."  

Rencana pemerintah tersebut diapresiasi oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki). Ketua Umum Gapki Joko Supriyono mengungkapkan, ide pengembangan sawit di perbatasan itu adalah sebuah ide yang sangat bagus, yang belum pernah terpikirkan oleh pemerintah sebelumnya.

Selengkapnya baca di Majalah Hortus Archipelago edisi April 2015. Dapat diperoleh ditoko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id