Menu
SAJIAN ISI

Harga CPO Masih Belum Menggeliat

Harga CPO Masih Belum Menggeliat

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memproyeksikan harga CPO di pasar internasional pada April 2015 ini masih belum akan menggeliat. Harga diprediksi bergerak pada kisaran di bawah US$750 per ton. Direktur Eksekutif Gapki, Fadhil Hasan mengatakan, sepanjang Februari 2015 volume ekspor CPO dan turunanannya asal Indonesia tercatat kembali menurun sebesar 1% menjadi 1,79 ton dari sebelumnya di bulan Januari tercatat volume ekspor 1,8 juta ton.

"Memang jika dibandingkan dengan year-on-year volume ekspor Januari hingga Februari 2015 masih menujukkan peningkatan 13% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014. Volume ekspor masih menunjukkan pertumbuhan akan tetapi harga terus melorot," jelas Fadhil, baru-baru ini, di Jakarta.

Gapki memberikan data bahwa pada Februari 2014 harga rata-rata bulanan CPO global adalah US$903,4 per metrik ton, sedangkan pada Februari 2015 harga rata-rata CPO melorot menjadi US$678,5 per ton. Ini artinya harga tahun ini telah tergerus 20% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Bahkan Fadhil mengatakan, tren harga CPO global akan terus menunjukkan tren penurunan di dalamnya. Pada pekan pertama bulan Maret, harga harian CPO global mencapai US$708 per metrik ton, namun pada pekan kedua Maret akan tergerus menjadi US$650 per metrik ton.

"Dua pekan ke depan harga akan diperkirakan semakin terpuruk dengan kisaran harga 630 dolar AS hingga 670 dolar AS per metrik ton," keluhnya.

Sementara itu Harga Patokan Ekspor Maret 2015 ditentukan oleh Kementerian Perdagangan sebesar US$624 per metrik ton dengan Bea Keluar 0%. Patokan harga tersebut merupakan referensi harga rata-rata tertimbang dari CPO Rotterdam, Kuala Lumpur dan Jakarta, yakni sebesar US$694,9 per metrik ton.

"Melihat tren harga CPO global yang terus menurun dan bergerak di bawah 750 dolar AS per metrik ton, maka diperkirakan untuk bulan April nanti bea keluar untuk ekspor CPO tetap dikenakan 0 persen," prediksi Fadhil.

Selengkapnya baca di Majalah Hortus Archipelago edisi April 2015. Dapat diperoleh ditoko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id