Menu
SAJIAN ISI

Areal Sawit di Kalteng Didominasi Pengusaha

Kebun sawit di Kalteng Kebun sawit di Kalteng

Saat ini total area perkebunan sawit di Provinsi Kalimantan Tengah dilaporkan mencapai 1 juta hektar lebih. Dari lahan sawit seluas itu, kebun sawit yang dimiliki masyarakat hanya sekitar 11,5%, dan selebihnya oleh perusahaan. Beberapa kurun waktu lalu, pada saat sawit menjadi primadona komoditas ekspor perkebunan Indonesia, pada kurun waktu itu pula Provinsi Kalimantan Tengah yang pada era Orba terkenal sebagai provinsi dengan Proyek Lahan Gambut Sejuta Hektar,  ikut memacu pembangunan  perkebunan sawitnya.  

Peranan sub sektor perkebunan terhadap sektor pertanian dalam pembentukan PDRB Kalimantan Tengah sangat besar, mencapai 44,16%. Sektor perkebunan didominasi oleh tanaman kelapa sawit dan karet yang dari tahun ke tahun selalu meningkat, dan pada 2012 menjadi komoditi ekspor luar negeri terbesar kedua.

Pada tahun 2012, ekspor olahan TBS menjadi CPO sebesar US$273 juta dan olahan karet sebesar US$201 juta. Dengan luas areal sebesar 858.433 hektar,  tanaman kelapa sawit menghasilkan 5 juta ton CPO, sedangkan tanaman karet dengan luas areal sebesar 456.272 hektar menghasilkan 2 juta ton karet.

Bagaimana dengan kondisi sekarang? Menurut Kepala Dinas Perkebunan Kalteng, Rawing Rambang, umumnya tanaman kelapa sawit di wilayahnya saat ini sudah tumbuh besar dan mayoritas dikuasai oleh perusahaan.

“Rata-rata perusahaan yang menguasai lahan kelapa sawit, sedangkan masyarakat hanya 11,5 persennya saja. Adapun total lahan kelapa sawit di Kalteng saat ini mencapai 1.067.000 hektar,” paparnya, baru-baru ini.

Perusahaan perkebunan sawit di Kalteng tersebut umumnya sudah mulai melakukan penanaman kelapa sawit sejak 1992 khususnya di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kotawaringin Timur (Kotim), dan Seruyan. Sedangkan tanaman sawit yang diusahakan di Kabupaten Kapuas tergolong relatif yang baru.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Archipelago edisi Februari 2015. Dapatkan di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id